Masuki Fase Normal, KM Kelud Operasi Kembali di Awal Juni

WOL Photo

BELAWAN, Waspada.co.id -Setelah beberapa pekan tidak beroperasi akibat dampak Covid-19, Kapal Motor (KM) Kelud direncanakan kembali beroperasi pada fase normal di awal Juni mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Cabang PT Pelni Medan, Luthfi, Jumat (29/5). Dijelaskan, untuk memasuki The New Normal yang telah ditetapkan oleh pemerintah, manajemen PT Pelni telah mempersiapkan operasional KM Kelud yang dijadwalkan beroperasi pada awal Juni.

“Surat dari Kementerian Perhubungan belum kita terima, kita masih menunggu konfirmasi resmi. Tetapi manajemen sudah siap untuk mengoperasikan kembali KM Kelud yang rencananya awal Juni, untuk tanggalnya belum bisa kita tentukan,” kata Luthfi.

Operasional yang direncanakan, kata Luthfi, KM Kelud akan berangkat dari Tanjungpriok tujuan Batam dan Belawan. Mengenai kapasitas penumpang sesuai pedoman protokoler kesehatan, KM Kelud akan mengangkut 50 persen penumpang dari jumlah normal 2.607 orang.

“Selama KM Kelud dioperasionalkan, setiap penumpang wajib menyiapkan persyaratan. Misalnya, surat bebas Covid-19, wajib memakai masker dan sebelum berangkat tetap menjalankan pemeriksaan yang diberlakukan protokoler kesehatan,” terangnya.

Advertisement

Selain saat berangkat, penumpang akan kembali menjalani pemeriksaan saat tiba di pelabuhan oleh petugas kesehatan setempat. Humas Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Jujur Panjaitan, menyebutkan pihaknya belum ada konfirmasi resmi untuk operasi KM Kelud dari Kementerian Perhubungan Laut.

“Yang jelas, masalah ini lagi dibahas menunggu surat resmi dari kementerian, kemungkinan dalam waktu dekat sudah ada pemberitahuan,” ungkapnya.

Manajer Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairul Ulya, mengatakan telah mempersiapkan operasi terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan sesuai ketetapan pemerintah melalui New Normal. Persiapan dilakukan dengan cek point pemeriksaan penumpang yang datang maupun calon penumpang yang berangkat.

“Fasilitas cek point yang dijalankan adalah rapid test, pemeriksaan suhu penumpang, penggunaan masker, penyemprotan desinfektan serta physical distancing,” pungkasnya.(wol/ril/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL