Kapoldasu Beri Penghargaan Kepada 4 Personel Polisi Baik

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, memberikan penghargaan kepada empat personel karena viral saat membantu warga dan dibentak preman.

Ke empat personel yang menerima penghargaan itu AKBP Fatma, Aipda R Manik (Polresta Deliserdang), Brigadir Ompusunggu, penolong korban laka lantas (Polres Samosir) dan Brigadir Simamora dari Polres Simalungun.

“Semua personel sudah bertugas dengan baik, namun ada hal menonjol yang dilakukan empat personel ini,” katanya, Selasa (12/5).

Kapolri, menurut mantan Kapolda Papua ini, juga selalu mengapresiasi keberhasilan yang dibuat personel, di luar tugas pokok kepolisian.

“Ada kepedulian sosial semisal memakamkan korban meninggal akibat Covid-19. Sementara masyarakat takut untuk menguburkan korban Covid. Di sinilah kita ketahui semua bahwa tugas kepolisian memiliki misi kemanusiaan yang tinggi,” sebut Martuani.

Advertisement

“Ibu Fatma, terima kasih atas kepeduliaannya memberikan bantuan sosial dari rumah ke rumah kepada warga terdampak Covid, Aipda R Manik juga, sepintas melihat videonya, sedih dan kasian kita diperlakukan semena-mena oleh preman dan kepada dua personel lainnya yang sudah berbuat baik kepada masyarakat,” tambah Kapolda.

Martuani sangat menyesalkan tindakan tidak setia kawan personel lain yang ditugaskan bersama Aipda Rinkon Manik.

“Temannya harus diperiksa dan diberi sanksi tegas. Artinya, dia tidak setia kawan. Ini baru preman gimana kalau peluru yang dihadapi dan teman mu mati? Kenapa dia pergi, padahal itu perintah kapolsek,” sesalnya.

“Ada juga Brimob yang dikerumuni preman, tapi kenapa premannya tidak ditangkap. Seharusnya, dia (Brimob) juga mendapat penghargaan. Tolong diperhatikan,” sambung Martuani.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu juga menekankan agar ke depan, tidak boleh ada lagi yang merendahkan institusi kepolisian.

“Kehadiran polisi sebagai representasi pemerintah dan negara. Tidak boleh ada yang melarang kita berada di tengah-tengah masyarakat dalam melaksanakan tugas negara,” pungkas Martuani.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN