Kadisdik Batubara: Di Masa Covid-19, Kepala UPTD Harus Jalankan Fungsi Supervisi

WOL Photo

Batubara, Waspada.co.id – Kepala sekolah harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada guru untuk memastikan kegiatan belajar mengajar telah dilakukan, meskipun menggunakan metode jarak jauh (daring).

Kepala sekolah juga dapat memberikan solusi dan motivasi di sekolah, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring dapat disupervisi dan diberi solusi. Untuk pengawas sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara dapat berinovasi agar tetap menjalankan pengawasan.

Demikian disampaikan Kadisdik Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus, saat kunjungan kerja di kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di UPTD SD Negeri 04 Sei Muka, Kecamatan Dt Tanah Datar, Kabupaten Batubara, Kamis (14/5).

Sebagaimana harapan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP bahwa tenaga pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan selalu berinovasi pendidikan sebagai upaya menghadapi pandemi Covid-19, agar proses pendidikan tetap berjalan dengan baik dengan siswa efektif belajar di rumah.

“Hingga kini belum dapat dipastikan setelah berakhirnya masa imbauan pemerintah darurat Covid-19 termasuk Bupati Batubara nantinya 29 Mei 2020 akan diperpanjang. Namun yang pasti pemda, sekolah, dan pendidik harus siap dengan segala kemungkinan dan selalu berinovasi mencari solusi di setiap permasalahan pendidikan,” sebut Ilyas.

Advertisement

“Kalau ini bisa efektif (pembelajaran dari rumah), saya yakin akan mengurangi mobilitas pelajar dan penyebaran Covid-19. Hal ini mengingat kita baik guru dan peserta didik di mana-mana tinggalnya, mulai pinggiran desa sampai tengah perkotaan,” ujar Ilyas lagi.

Lebih lanjut Ilyas menyampaikan bahwa Kepala UPTD sekolah diperkenankan menggunakan dana BOS sebagai kegiatan operasional guru dengan memberikan surat penugasan untuk kegiatan pembelajaran di rumah melalui media online. Di samping itu, Kepala UPTD diharapkan dapat melakukan imbauan melalui surat edaran kepada orangtua tentang home learning dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan virus Covid-19.

“Ini semua tidak bisa berjalan baik tanpa dukungan orang tua siswa,” pungkas Ncekli, sapaan akrab Ilyas. (wol/aa/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL