Kabid Humas Poldasu: Lebaran di Sumut Aman

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK (WOL Photo/Sastroy Bangun)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, mengungkapkan Perayaan Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara berjalan aman tanpa adanya gangguan.

“Cukup kondusif situasi Kamtibmas lebaran di Sumut,” katanya saat dihubungi Waspada Online, Senin (25/5).

Dalam pengamanan lebaran, Tatan mengatakan Polda Sumut menurunkan 11 ribu personil ditempatkan di pos-pos pengamanan dalam Operasi Ketupat Toba 2020.

“Sejumlah 114 pos pengamanan telah didirikan. Di mana 25 diantaranya merupakan pos Chek Point penyekatan untuk mengantisipasi para pemudik yang masuk atau keluar dari wilayah Sumut. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari instruksi Presiden RI dan Kapolri terkait larangan mudik untuk mencegah persebaran Covid-19,” katanya.

Disinggung mengenai keberadaan Pos Check Point di perbatasan Sumut, Tatan mengaku hingga saat ini masih berlaku untuk mengantisipasi masuknya kendaraan pemudik dari luar kota ke Sumatera Utara dalam upaya pencegahan Covid-19.

iklan

“Personil baik Polri, TNI, Satpol-PP, dan medis masih berjaga di Pos Check Point perbatasan Sumut antisipasi masuknya pemudik,” akunya.

Tatan menjelaskan, bagi masyarakat dari wilayah lain yang ingin memasuki wilayah Sumut harus memenuhi beberapa syarat diantaranya surat yang menyatakan rapid test negatif serta surat perjalanan berpergian yang jelas.

Lebih lanjut, bila sudah tiba di Pos Check Point perbatasan masyarakat akan diperiksa dengan dicek suhu tubuh serta kendaraan yang digunakan disemprot cairan desinfektan.

“Hingga saat ini sudah ada 800 kendaraan pemudik yang kita putar balik ke wilayahnya masing-masing karena tidak bisa menjelaskan tujuannya kepada personil yang bertugas di Pos Check Point,” jelasnya.

Sebelumnya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan Salat Idul Fitri dengan menerapkan protokol kesehatan serta tidak mengadakan takbiran keliling sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Terima kasih kepada seluruh tokoh agama yang membantu menciptakan suasana kondusif Idul Fitri 1441 H di Sumatera Utara,” pungkasnya.(wol/lvz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan