Gugus Tugas: Kepala Daerah Wajib Siapkan Manajemen Krisis

Foto: Antara

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengatakan penentuan waktu dan sektor yang akan dibuka kembali di sebuah daerah akan ditentukan oleh para bupati/wali kota di daerah masing-masing.

Namun, Doni mengingatkan para kepala daerah untuk melibatkan setiap komponen masyarakat dalam mempertimbangkan sebuah kebijakan terkait Covid-19.

“Ketua Gugus Tugas Pusat memberikan arahan kepada para bupati/wali kota selaku ketua gugus tugas tingkat kabupaten/kota agar proses pengambilan keputusan harus melalui Forkompimda dengan melibatkan segenap komponen masyarakat,” kata Doni dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (30/5).

Komponen masyarakat yang perlu dilibatkan, antara lain pakar kedokteran, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pakar epidemiologi, pakar kesehatan masyarakat, tokoh agama, tokoh budaya atau budayawan. Lalu, tokoh masyarakat, pakar di bidang ekonomi kerakyatan, tokoh pers di daerah, dunia usaha serta DPRD setempat melalui pendekatan kolaborasi pentahelix berbasis komunitas.

“Dalam proses tersebut, para bupati/wali kota agar konsultasi dan koordinasi yang ketat dengan pemerintah provinsi, khususnya para gubernur,” kata Doni.

Advertisement

Doni melanjutkan proses pengambilan keputusan juga mesti melalui tahapan prakondisi, yakni edukasi, sosialisasi kepada masyarakat, dan simulasi sesuai sektor atau bidang yang akan dibuka kembali.

“Gugus pusat meminta setiap daerah menyiapkan manajemen krisis untuk monitoring dan evaluasi, waktu dan sektor yang akan dibuka kembali ditentukan oleh para pejabat daerah,” sebut Doni lagi.

Diingatkan bahwa gugus tugas di tingkat kabupaten/kota dapat kembali menutup sektor yang sudah dibuka dan memperketatnya lagi bila ditemukan kenaikan jumlah kasus Covid-19 di daerah tersebut. (wol/aa/kcm/data3)