DPRD Minta Pengelola Mall dan Tempat Hiburan Patuhi Aturan The New Normal

Anggota Komisi III DPRD Medan, Siti Suciati. (WoL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota Komisi III DPRD Medan, Siti Suciati, mendukung kebijakan pemerintah pusat yang bakal menerapkan The New Normal pada sarana publik, guna mengembalikan kondisi perekonomian yang sempat masuk dalam level terendah.

Oleh karena itu dirinya meminta kepada seluruh pengelola mal di Kota Medan untuk mematuhi kebijakan pusat dan lakukan pengawasan ketat di lapangan.

“Kita tahu, mall dan fasilitas publik lainnya itu rentan mengabaikan protokol kesehatan. Maka dari itu kita meminta manajemen tempat usaha hiburan patuhi aturan,” katanya kepada Waspada Online, Selasa (26/5).

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, di Kota Medan banyak berdiri mall-mall yang daya tampungnya lebih dari 1000 orang. Dengan keluarnya kebijakan terbaru yakni setiap mall hanya boleh menampung setengah dari total jumlah pengunjung, kebijakan tersebut semata-mata demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saya juga berharap petugas PD Pasar turun untuk mengingatkan warga yang belanja di pasar tradisional untuk tetap memakai masker. Karena saya melihat, warga yang datang ke pasar tradisional terkadang lebih kuat melanggar protokol kesehatan,” ujarnya.

Advertisement

Sebagaimana diketahui berdasarkan berita sebelumnya yang terbit di waspada.co.id, pemerintah pusat telah menyebutkan ada 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota yang bakal menerapkan The New Normal. Kesemua daerah itu di antaranya Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Gorontalo.

Dalam penerapan The New Normal ini, selain gugus tugas pemerintahan di daerah masing-masing, pemerintah juga akan menerjunkan TNI-Polri khusus di kawasan fasilitas umum. Sehingga kedisiplinan masyarakat tetap terjaga selama menjalankan aktivitas sehari-hari.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN