Aminullah Tinjau Banjir Banda Aceh “Warga Diminta Tetap Waspada”

foto: istimewa

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman turun langsung ke lapangan untuk meninjau sejumlah lokasi banjir di Banda Aceh, Jumat 8 Mei 2020.

Sembari meninjau, ia juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada karena cuaca/alam sedang tidak bersahabat. “Hujan sudah dua hari tidak berhenti, ditambah lagi air pasang laut,” katanya saat berada di Gampong Neusu Aceh.

Menurut wali kota, tingginya curah hujan membuat sistem drainase tidak mampu menampung debit air. Krueng Aceh dan Krueng Daroy yang membelah kota juga meluap di beberapa titik. “Banjir ini akibat alam, melebihi kapasitas drainase kita.”

Berdasarkan hasil pemantauan, ia mengungkapkan hampir seluruh wilayah Banda Aceh dilanda banjir, “dengan ketinggian 0,5 meter sampai dengan satu meter. Harapan kita semoga hujan cepat mereda termasuk di daerah hulu sungai agar banjir tidak semakin parah,” ujarnya.

Aminullah juga mengimbau warga agar tidak membuang sampah ke selokan dan sungai, karena hal itu dapat menyumbat aliran air dan memperparah banjir. “Ingat juga ini masih masa Covid-19. Tetap pakai masker, jaga jarak, dan tidak perlu kumpul-kumpul,” katanya.

Advertisement

Kembali ke pendopo, Aminullah memanggil para Kepala SKPK terkait dan seluruh camat untuk memberi arahan. “Agar setiap gampong dibentuk tim siaga bencana dan menetapkan tempat pengungsian serta memberdayakan dapur umum,” katanya. (bandaacehkota/ags)