Abu Janda Diperiksa Penyidik Bareskrim Terkait Dugaan Ujaran Kebencian

Permadi Arya alias Abu Janda (Okezone.com/Novie)
agregasi

JAKARTA, Waspada.co.id – Penyidik Bareskrim Polri memeriksa pegiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda terkait kasus dugaan ujaran kebencian bernuansa suku ras agama dan antargolongan (SARA).

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, Abu Janda dijadwalkan diperiksa hari ini sebagai saksi.

“Permadi Arya alias Abu Janda akan memenuhi panggilan Bareskrim Polri untuk memberikan keterangan sebagai saksi terkait kasus ujaran kebencian di media sosial,” kata Ahmad saat dikonfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Pemeriksaan Abu Janda adalah sebagai tindak lanjut atas laporan dari Ikatan Advokat Muslim Indonesia (IKAMI) pada 10 Desember 2019. Laporan itu teregistrasi di Bareskrim dengan surat STTL/572/XII/2019/Bareskrim.

Bareskrim memulai penyelidikan terhadap laporan itu pada akhir Mei 2020. Penyelidikan itu dimulai dengan meminta keterangan Abu Janda sebagai saksi.

Advertisement

IKAMI melaporkan Abu Janda karena diduga telah melakukan ujaran kebencian lewat media sosial dengan menyebut bahwa teroris punya agama. Agama itu, kata Abu Janda, adalah Islam.