20 Klub Serie A Sepakat Lanjutkan Kompetisi

Foto: zimbio
Iklan

ROMA, Waspada.co.id– Seluruh klub peserta Serie A menyatakan ingin menyelesaikan sisa kompetisi musim 2019/2020 seperti dilaporkan Football Italia, Jumat (1/5). Hal itu diketahui setelah Lega Serie A selaku operator kompetisi menggelar rapat darurat.

Dalam rapat tersebut, tercapai keinginan bersama dari 20 klub peserta untuk merampungkan kompetisi. Padahal, Torino dan Brescia sebelumnya dikabarkan menentang rencana Lega Serie A melanjutkan sisa musim ini. Hal ini juga yang sempat menimbulkan problem dengan Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dan 18 tim lain.

Kesepakatan 20 klub ini merupakan langkah lanjutan dari rencana akan kembali digelarnya Serie A. Kompetisi kasta tertinggi di Italia itu berpeluang digelar kembali setelah Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan siap melonggarkan kebijakan lockdown pada 4 Mei nanti.

Klub-klub yang akan memulai latihan bersama nanti juga diminta mematuhi pedoman social distancing. Di antaranya menjaga jarak satu meter untuk program latihan jalan kaki dan jarak dua meter jika berlari.

Peluang latihan bersama tersebut memungkinkan bagi klub-klub besar Liga Italia yang memiliki lapangan latihan sendiri. Pemain yang akan melakoni latihan ini sendiri harus melewati tes swab dan darah lebih dahulu serta dikarantina di pemusatan latihan selama beberapa minggu guna memastikan tidak terkontaminasi.

iklan

Liga Italia sendiri ditunda akibat pandemi virus Covid-19 pada 9 Maret lalu. Penundaan itu semula direncanakan hingga 3 April lalu, tetapi masih berlanjut hingga saat ini karena perang melawan virus Corona masih berlangsung di Italia.

Persaingan Liga Italia musim ini terhenti pada pekan ke-26. Posisi puncak ditempati Juventus yang unggul satu poin atas Lazio yang mengoleksi 62 angka. (wol/aa/fbi/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan