15 Kabupaten/Kota di Sumut dan 14 di Aceh Masih Zona Hijau

WOL Photo/Ega Ibra

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah telah memilah beberapa wilayah dengan zonasi guna bisa memetakan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia, yakni zona hijau, kuning, dan merah.

Zona hijau artinya kabupaten/kota yang belum terdampak, zona kuning merupakan kabupaten/kota dengan tingkat risiko rendah, sedangkan merah berarti kabupaten/kota tersebut memiliki tingkat risiko yang tinggi.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, menegaskan pihaknya terus berupaya agar zona yang sudah atau masih hijau tidak berubah menjadi kuning. Hal tersebut disampaikannya dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (30/5).

Doni melaporkan terdapat 120 kota/kabupaten yang menjadi zona hijau di 34 provinsi di Indonesia. Kendati begitu, Doni menegaskan bahwa aktivitas di zona hijau tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Protokol kesehatan ketat dengan kehati-hatian serta tetap waspada terhadap Covid-19,” ucapnya.

Advertisement

Doni juga meminta, tracing dan penelusuran kasus di zona hijau harus tetap dilakukan secara agresif dan masif. Apabila ditemukan kasus Covid-19, maka tindakan cepat seperti isolasi dan perawatan penyembuhan wajib dilakukan segera.

Untuk Sumatera Utara, disebutkan ada 15 kabupaten/kota yang masih tergolong zona hijau. Ke-15 daerah dimaksud adalah Nias Barat, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Utara, Nias, Padang Lawas Utara, Labuhanbatu Selatan, Kota Sibolga, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal (Madina), Padang Lawas, Kota Gunungsitoli, Nias Utara, dan Nias Selatan.

Di Provinsi Aceh, kabupaten/kota yang masuk zona hijau meliputi Pidie Jaya, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Nagan Raya, Kota Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Selatan, Kota Sabang, Kota Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Besar.

Wilayah lain yang dinilai masih zona hijau juga terdapat di Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat. (wol/aa/data3)