Wacana UEFA: Final Liga Champions 29 Agustus, Liga Europa 26 Agustus

foto: uefa
Iklan

NYON, Waspada.co.id – UEFA disebut telah menyiapkan final Liga Champions 2019-2020 digelar pada 29 Agustus 2020 dan final Liga Europa pada 26 Agustus 2020. Diketahui, kedua kompetisi antarklub Eropa itu terhenti Maret lalu karena pandemi virus Corona.

Alhasil, Liga Champions dan Liga Europa sama-sama belum tuntas menggelar babak 16 besar. Hingga kini, belum jelas situasi Covid-19 akan mereda sehingga kepastian kelanjutan kompetisi pun masih tanda tanya.

Namun, UEFA berusaha menentukan tenggat waktu penyelesaian dua kompetisi antarklub Eropa itu. Dikutip dari Daily Mail, Jumat (17/4), UEFA menegaskan bahwa semua kompetisi 2019-2020 harus sudah selesai paling lambat pada 31 Agustus mendatang.

Jadi, Liga Champions dan Liga Europa sudah harus kelar sebelum tanggal tersebut. Jadwal ini masih menunggu konfirmasi UEFA, di mana Komite Eksekutif UEFA diagendakan akan menggelar konferensi video pada 23 April nanti.

Menetapkan final Liga Champions pada 29 Agustus dan final Liga Europa pada 26 Agustus bukan target yang mudah karena masih ada babak 16 Besar, perempatfinal, dan semifinal. Agar skenario terlaksana, sisa pertandingan kompetisi antarklub Eropa musim ini sudah harus bergulir lagi pada Juli mendatang.

iklan

Skenario itu dengan perhitungan kompetisi domestik Eropa juga dijadwalkan bakal dituntaskan. Dengan demikian, kemungkinan sebuah klub akan bermain setiap tiga hari sampai 31 Agustus 2020 menjadi sangat terbuka.

Liga Champions sendiri sudah mendapat empat tim perempatfinalis, yakni Paris Saint-Germain (PSG), Atletico Madrid, Atalanta, dan RB Leipzig. Sebaliknya, Liga Europa belum menghasilkan perempatfinalis.

Awalnya, final Liga Europa dijadwalkan berlangsung pada 27 Mei 2020 di Stadion Energa Gdansk, Polandia. Sementara itu, final Liga Champions 2019-2020 digelar pada 30 Mei 2020 di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul. (wol/aa/dailymail/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan