Update COVID-19 di Sumut 3 April: Positif 36, PDP 95, ODP 2.969 Orang

Istimewa
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Hingga hari ini, Jumat (3/4), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Virus Corona) kembali memaparkan sebaran dan jumlah pasien terpapar virus mematikan ini. Sebagaimana disampaikan Juru Bicara Mayor Kes dr Whiko Irwan D, Sp.B.

Dikatakan Whiko, Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumatera Utara saat ini berjumlah 2.969. “Atau turun sekitar 12,4 persen dari jumlah sebelumnya 3.338 jiwa,” jelasnya.

“Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 95 orang dan saat ini masih di rawat. Jumlah ini meningkat 11,5 persen. Dan pasien dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 36 orang, 11 pasien di antaranya melalui Rapid Test,” ungkapnya.

Dijelaskan, Provinsi Sumatera Utara saat ini memiliki 5 Rumah Sakit rujukan utama dalam penanganan pasien terjangkit Virus Corona, yakni; RSUP H Adam Malik Medan, Kabanjahe, Djasamen Saragih, RSUD Tarutung, RSUD Padang Sidimpuan.

“Dan telah menyediakan rumah sakit tambahan yakni, GL Tobing yang memikiki 49 kamar, Martha Friska 230, RSUD Abd Manan Simatupang 12 kamar, dan RSUD Gunung Sitoli berjumlah 36,” kata Whiko.

iklan

Selain itu, Sumut juga telah mempersiapkan Rumah Sakit Darurat, dengan total jumlah 1.168 kamar. “sebanyak 206 rumah sakit yang tersebar di wilayah Sumatera Utara,” tambahnya. (wol/ags/data3)

Editor: Agus Utama

Iklan