UEFA: Inilah Starting XI Terbaik Liga Champions Sepanjang Masa

Foto: zimbio

NYON, Waspada.co.id – UEFA mengumumkan starting XI terbaik sejak Liga Champions berganti format pada 1992-1993. Dalam kurun 1992-1993 hingga 2018-2019, banyak pemain hebat yang mentas di kompetisi antarklub Eropa terelite tersebut.

UEFA pun kesulitan mencari 11 pemain terbaik untuk melengkapi skuad mereka. Berkat bantuan sejumlah panelis, UEFA memilih 11 pemain terbaik pilihan dengan menggunakan pola 4-3-3. Namun, muncul juga pro kontra karena nama-nama seperti Paolo Maldini, Fabio Cannavaro, Dani Alves, Zinedine Zidane, dan Gianluigi Buffon tidak terpilih.

Posisi penjaga gawang ditempati Iker Casillas yang tiga kali mengantarkan Real Madrid juara dan tercatat sebagai pesepakbola dengan caps terbanyak di Liga Champions. Di depan Casillas, ada Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol dan Philipp Lahm.

Sama seperti Casillas, ketiga nama di depan berpengalaman menjuarai Liga Champions. Khusus Ramos, kapten Real Madrid itu tercatat empat kali mengangkat trofi Si Kuping Besar. Lalu, posisi tiga gelandang diisi oleh Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Steven Gerrard.

Masalah totalitas, kemampuan ketiga bintang tidak perlu dipertanyakan lagi. Bagi Gerrard, performa final Liga Champions 2005 jadi teristimewa. Sempat tertinggal 0-3 dari AC Milan di babak pertama, Gerrard memimpin Liverpool imbang 3-3 hingga menang adu penalti.

Advertisement

Dua nama di lini depan sudah pasti milik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ronaldo dan Messi berstatus sebagai pencetak gol terbanyak pertama dan kedua di sepanjang sejarah Liga Champions. Ronaldo mengoleksi 128 gol atau unggul 14 bola dari Messi. Sebagai pelengkap, panelis memilih Thierry Henry. (wol/aa/uefa/twt/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL