Terkait Laporan Keuangan, Syahrial Siap Koordinasi Dengan BPK Perwakilan Sumut

WOL Photo

TANJUNGBALAI, Waspada.co.id – Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, mengikuti rapat koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut melalui video conference di ruang kerjanya, Kamis (9/4).

Wali Kota turut didampingi Asisten Administrasi Halmayanti SH, Kepala Inspektorat Susanto SE, dan jajaran pejabat BPKPAD Kota Tanjungbalai. Dalam video conference tersebut, BPK diwakili Kepala Sub Auditorat BPK RI Perwakilan Sumut, Syafruddin Lubis.

Pada kesempatan itu, disampaikan metode pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK pasca- mewabahnya virus Corona (Covid-19). Syafruddin mengatakan BPK mengambil sejumlah langkah sebagai respon atas kebijakan pencegahan penyebaran wabah virus tersebut.

Jika kondisi penyebaran Covid-19 masih berlanjut, salah satunya metode pemeriksaan adalah desk audit dan teleconference untuk wawancara. Lebih lanjut disampaikan bahwa pelaksanaan pemeriksaan Laporan Keuangan (LK) direncanakan pada 8-14 April 2020.

“Kami minta pemerintah daerah membentuk tim counterpart atas kebutuhan dokumen atau jadwal wawancara. Untuk entry meeting, lanjutnya akan dilakukan melalui teleconference yang jadwalnya dikoordinasikan lebih lanjut,” sebut Syafruddin.

Advertisement

Wali Kota HM Syahrial menyampaikan akan bekerja sama dengan BPK RI Perwakilan Sumut terkait penyampaian LK tahun 2019. Syahrial berharap terus berkoordinasi dengan BPK RI Perwakilan Sumut agar penyampaian LK Pemkot Tanjungbalai berjalan lancar serta sesuai prosedur dan aturan yang berlaku di tengah pandemi Covid-19.

Syahrial juga menyampaikan situasi terkini Kota Tanjungbalai dan langkah antisipasi yang telah dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Di antaranya pembentukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai, penyemprotan desinfektan di seluruh lokasi perkantoran, pasar, ruang publik, dan permukiman warga.

Selain itu, pendirian Posko Induk Karantina Sementara sebagai lokasi penampungan pendatang baru dari luar Tanjungbalai, Posko Pemeriksaan Kesehatan di lokasi strategis berbatasan dengan Kabupaten Asahan, meliburkan anak sekolah, imbauan ibadah di rumah, penutupan lokasi hiburan yang dianggap bisa menimbulkan keramaian serta program pencegahan lainnya.

“Alhamdulillah, hingga saat ini belum ada yang terpapar Covid-19 di Kota Tanjungbalai. Kita berharap masyarakat Tanjungbalai tetap menjalankan dan mengikuti imbauan pemerintah, tetap tenang, tidak panik, dan selalu waspada,” pungkas Syahrial.(wol/lvz/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL