Sat Res Narkoba Polrestabes Rebus Sabu 15 Kg dan Ekstasi 60.500 Butir

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Sat Res Narkoba Polrestabes Medan memusnahkan barang bukti narkotika hasil tangkapan selama Februari hingga April 2020 dengan mengamankan 10 orang tersangka, Rabu (22/4).

Adapun barang bukti narkotika yang dimusnahkan yakni sabu seberat 15 kg dan ekstasi sejumlah 60.500 butir. Pemusnahan narkotika itu dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam dandang yang berisi air mendidih.

Kasat Res Narkoba Polrestabes Medan, AKBP Sugeng Riyadi, mengatakan pengungkapan kasus sabu dan pil ekstasi ini merupakan jaringan Malaysia, Medan, dan Aceh.

“Sebagai syarat formal kelengkapan berkas, penetapan penyitaan barang bukti dan penetapan tersangka, maka kita lakukan pemusnahan barang bukti. Dan barang bukti yang diajukan ke jaksa yang merupakan sampel dari barang bukti masing-masing kasus sudah diserahkan,” katanya.

Lebih jauh, Sugeng mengungkapkan kasus 15 kg sabu dan 60 ribu butir ekstasi ini merupakan hasil pengungkapan terhadap 4 tersangka yang salah satunya ditembak mati yakni, AY (22) warga Jalan Air Joman Silau Baru, Kabupaten Asahan.

iklan

Sedangkan tiga tersangka lainnya yakni, WY (24) warga Jalan Garu VI, Kelurahan Harjo Sari, Kecamatab Medan Amplas, NB (17) warga Jalan Mabar, Lingkungan IV, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Labuhan dan RK (19) warga Jalan Griya Martubung, Kelurahan Medan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan.

“Kronologis penangkapan, berdasarkan informasi masyarakat ada indekos di Jalan Setia Budi, Gang Rambutan, Pasar I, Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang yang dijadikan gudang penyimpanan narkotika. Petugas langsung bergerak ke lokasi dan mengamankan 4 tersangka berikut barang bukti 15 kg sabu dan 60 ribu butir ekstasi,” ungkapnya.

Namun, Sugeng menegaskan saat tersangka AY diajak melakukan pengembangan, berusaha melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri.

“Tak mau ambil risiko, petugas melakukan tindakan tegas dan terukur melakukan penembakan dan mengenai dada tersangka AY. Saat dilarikan ke RS Bhayangkara tersangka AY meninggal dunia,” pungkasnya.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan