Positif Corona, Kepala Rumah Sakit di Rusia Sempat Bertemu Presiden Putin

Foto: Presiden Rusia, Vladimir Putin. (REUTERS/Mikhail Klimentyev/RIA Novosti/Kremlin)
Iklan

MOSKOW, Waspada.co.id – Kepala Rumah Sakit penanganan virus corona (Covid-19) di Moskow, Rusia, Denis Protsenko, dinyatakan positif mengidap virus tersebut, dan sempat bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada pekan lalu.

Pada Selasa (24/3) pekan lalu, Denis bertemu dengan Putin untuk memeriksa kondisi rumah sakit Kommunarka sambil mengenakan pakaian pelindung kuning cerah. Namun, pada saat itu Putin yang kerap berbincang dengan Denis terlihat tidak memakai alat pelindung apapun.

Kendati demikian, Juru bicara pemerintah Rusia, Dmitry Peskov, menyatakan bahwa Putin yang berusia 67 tahun itu telah melakukan tes kesehatan, dan dalam kondisi yang baik.

“Semuanya baik-baik saja,” kata Peskov sebagaimana dilansir dari AFP, Kamis (2/4).

Di sisi lain, Denis juga mengaku merasa cukup baik kendati dirinya telah terkonfirmasi positif virus corona. Terakhir, dia mengunggah foto dirinya mengenakan topeng dan lulur hijau di Facebook, menyatakan bahwa dirinya telah mengambil langkah menjaga jarak dan melakukan karantina mandiri.

iklan

Denis dinilai beberapa pihak telah menjadi tokoh penting di garis depan perjuangan Rusia melawan Covid-19. Dia kerap mengunggah informasi terkait penanganan virus tersebut di Rusia serta tentang rumah sakit dan pasiennya melalui Facebook.

Sementara itu, berdasarkan situs worldometer pada Kamis (2/4), Rusia memiliki sebanyak 2.777 kasus dengan jumlah kematian sebesar 24.

Sejak dimulainya pandemi corona, pemerintah Rusia mulai mengukur suhu orang yang menghadiri acara dengan Putin, serta meminta wartawan yang merasa tidak enak badan untuk tetap di rumah. Pengamat mengatakan sebagian besar orang Rusia sangat sadar akan risiko kesehatannya. (cnn/data3)

Iklan