Polri Jamin Stok dan Stabilitas Harga Bahan Pokok

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Polrestabes Medan mendukung penuh dalam membantu seluruh pihak dan masyarakat dalam upaya penanganan wabah Covid-19.

Hal ini terutama dalam penegakan hukum dan pengamanan wilayah, ketersediaan bahan kebutuhan pokok, dan keperluan kesehatan untuk warga. Demikian disampaikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edison Isir dalam siaran persnya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Kantor Gubernur, Jumat (3/4).

“Penegakan hukum di sini terkait cara menjamin ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas harga, khususnya alat kesehatan dan obat-obatan dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19. Kami juga jamin ketersediaan dan stabilitas harga bahan kebutuhan pokok masyarakat,” ujar Isir.

Terkait wabah ini, pihaknya telah mengambil berbagai langkah operasi Satgas Amanusa II dengan pola pemolisian masyarakat. Adapun pola yang dilakukan mulai dari kegiatan deteksi, terkait identifikasi, inventarisasi, dan pemetaan persebaran wabah Covid-19 juga dampak serta implikasi lebih lanjut dari wabah tersebut.

Bidangnya meliputi sosial budaya, sosial ekonomi maupun sosial keamanan. Langkah kegiatan lain bertujuan meningkatkan atau membangun kesadaran warga tentang Covid-19, termasuk penyebaran dan cara mencegahnya.

Advertisement

“Pola selanjutnya sifatnya preventif. Tergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19, mulai dari kegiatan penyemprotan disinfektan, pemasangan atau instalasi tempat pencucian tangan, pembagian masker serta cairan pencuci tangan (hand sanitizer). Inipun terus kita dorong,” sebutnya.

Begitu juga upaya pengamanan, lanjut Isir, seperti proses pemakaman bagi pasien yang meninggal dunia. Termasuk juga mengamankan atau menjamin ketersediaan alat kesehatan, obat-obatan serta stabilitas bahan pokok melalui Satgas bantuan operasi.

“Kami juga fokus menjamin personil yang ada di Polrestabes dan Polsek bisa tetap sehat dan mampu mendukung pelaksanaan tugas pengamanan warga dari wabah Covid-19,” tegasnya.

Isir juga mengingatkan warga disiplin menjaga jarak sosial dan fisik (social distancing dan physical distancing) sekurangnya 1,5 meter. Guna membatasi gerak masyarakat, Isir juga menyampaikan kembali menutup sejumlah ruas jalan di Kota Medan, mengambil tindakan bagi wahana permainan yang masih buka serta tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL