Pasien yang Sembuh Corona Tak Akan Tularkan COVID-19 Lagi

Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, Achmad Yurianto (foto: istimewa)
agregasi

Waspada.co.id – Pasien yang telah sembuh dari virus corona atau COVID-19 jumlahnya semakin bertambah. Namun, ada kekhawatiran masyarakat terhadap pasien yang sembuh dari COVID-19 setelah dipulangkan.

Timbul kekhawatiran pasien yang sembuh dari COVID-19 bisa tetap menularkan kepada orang lain. Namun, benarkah anggapan tersebut?

Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, pasien yang telah dinyatakan sembuh telah memiliki imunitas kekebalan terhadap virus COVID-19 dan tidak akan menularkan kembali.

“Kita bersyukur mereka yang sudah sembuh ini kondisinya bagus dan tidak perlu dikhawatirkan lagi untuk menularkan penyakit. Bahkan kita yakini yang 150 orang ini telah sembuh dan memiliki imunitas kekebalan terhadap virus COVID-19,” ujar Yuri dalam keterangannya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu 4 April 2020.

Sementara itu, berdasarkan data dari pemerintah ada penambahan 16 pasien sembuh dari sebelumnya. Total 150 pasien sembuh hingga saat ini.

Advertisement

Yuri yakin pasien-pasien yang sembuh tersebut telah memiliki sistem kekebalan tubuh serta imunitas tinggi. Karenanya mereka tak akan menjadi subjek penular.