Pasien Sembuh Covid-19 Tak Perlu Isolasi Lagi

Ilustrasi/WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Kabar baik kembali datang dari Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) H Adam Malik Medan. Pasalnya, ada enam pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Total delapan pasien sudah dinyatakan sembuh.

Dari keterangan pers yang diterima Selasa (7/4), keenam pasien sembuh tersebut dipulangkan setelah menerima hasil laboratorium. Dua pasien pertama yang dinyatakan sembuh pada Sabtu (4/4) dan Senin (6/4) kemarin.

“Rasa bahagia bercampur haru terpancar dari wajah tim medis yang selama ini menangani pasien. Mereka sangat berbahagia dengan hasil laboratorium yang baru diterima hari ini,” ujar Direktur Medik dan Keperawatan RSUP H Adam Malik, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K).

Kedelapan pasien yang dinyatakan sembuh terdiri atas lima perempuan dan tiga laki-laki. Semua pasien dinyatakan sembuh setelah hasil swab menyatakan negatif Covid-19 dua kali berturut. Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, Whiko Irwan, menambahkan pasien sembuh dapat kembali lagi ke masyarakat tanpa harus melakukan isolasi.

Selain itu, Whiko menyampaikan ada 76 kasus positif dan tujuh orang meninggal dunia. Dari data di atas menunjukkan penyebaran masih berlangsung di Sumut dan kebijakan tanggap darurat harus tetap didukung agar warga Sumut senantiasa melakukan upaya pencegahan.

Advertisement

Tak lupa, Whiko mengingatkan masyarakat tetap menggunakan masker di luar rumah baik orang sakit maupun sehat. Pasalnya, 90 % jumlah terinfeksi karena droplet dari mata, hidung, dan mulut. Sementara itu, masker kain tiga lapis dapat melindungi masyarakat sampai 70 %.

“Gejala demam tinggi, batuk, sesak nafas belum tentu dirasakan oleh semua penderita Covid-19. Akan tetapi, gejala ini dapat menularkan kembali pada orang di sekitarnya, terutama orang tua dan orang dengan imunitas rendah. Maka itu, penggunaan masker wajib untuk seluruh masyarakat Sumut,” katanya.

Whiko juga mengucapkan terima kasih pada petugas kesehatan yang terus berjuang merawat pasien Covid-19 sekaligus masyarkat yang telah memberi donasi untuk penanganan Covid-19 di Sumut. Total sudah diterima Rp265.340.000.

Bagi Anda yang ingin berdonasi dapat transfer ke rekening Bank Sumut Peduli Covid-19 10001027777777. (wol/ega/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL