Nasib Liga 1 dan Liga 2 di Tangan PSSI

WOL Photo/Ega Ibra

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno, mengatakan keputusan terkait nasib kompetisi Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 Indonesia 2020 ada di tangan PSSI.

Masa tunda Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 hnya menyisakan waktu satu bulan lagi. Namun, hingga saat ini, belum ada tanda-tanda yang menjelaskan kompetisi musim ini akan dilanjutkan atau dibatalkan. Sudjarno mengatakan pihaknya telah memiliki sejumlah opsi terkait nasib liga musim ini pascapandemi Covid-19.

“Kami sudah menyiapkan opsi-opsi. Misalnya, jika memang dihentikan total, kira-kira kapan bisa membuat turnamen,” ucap Sudjarno, Kamis (30/4).

“Seperti itu. Namun masih diabahas dalam pembicaraan tak resmi,” ujar Sudjarno lagi.

Sudjarno menjelaskan bahwa berbagai opsi itu akan dipaparkan di hadapan PSSI. Selanjutnya, PSSI selaku federasi akan mengambil keputusan akhir yang menentukan format Liga 1 dan Liga 2 jika dilanjutkan atau bentuk turnamen pengganti jika kedua kompetisi itu dibatalkan.

Advertisement

“Intinya itu di PSSI. Nanti PSSI mempunyai rencana seperti apa,” tutur Sudjarno.

“Apakah (kalau menggulirkan kompetisi pengganti) nanti menugaskan PT LIB sebagai operator atau dikelola PSSI sendiri,” katanya.

Di samping itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, telah menginstruksikan kepada PT LIB untuk segera merinci solusi terhadap kelanjutan Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 Indonesia 2020. Harapannya, PT LIB menemukan jawaban yang bisa dilaksanakan setelah pandemi Covid-19 berakhir.

“Seperti apa nanti rencana LIB selaku operator, apakah melanjutkan liga atau bagaimana kalau tidak dilanjutkan. Lalu bagaimana rencana bisnis setelah vakum beberapa bulan ini dan lain-lain,” tandas Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI. (wol/aa/ant/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL