MotoGP Catalunya dan Italia 2020 Resmi Ditunda

Foto: MotoGp

MUGELLO, Waspada.co.id – Tiga otoritas yang berwenang terhadap pelaksanaan seri balap Grand Prix (MotoGP, Moto2, dan Moto3) yakni FIM, IRTA, dan Dorna Sports, sepakat menunda penyelenggaraan seri balap di Catalunya dan Italia musim ini.

Sebelumnya, MotoGP 2020 sudah membatalkan seri balap pembuka di Qatar dan menunda pelaksanaan lima seri balap berikutnya yang masing-masing digelar di Thailand, Amerika Serikat (AS), Argentina, Spanyol, dan Prancis.

Sejauh ini, Dorna Sports selaku operator balapan Grand Prix (MotoGP, Moto2, dan Moto3) sudah menjadwal ulang seri balap Thailand, AS, dan Argentina. MotoGP Thailand 2020 akan berlangsung pada 4 Oktober, sedangkan MotoGP Americas dan Argentina masing-masing digelar pada 15 dan 22 November.

Sementara itu, seri balap Spanyol dan Prancis masih belum mendapatkan jadwal baru dari Dorna. Kini, dua seri balap yang berlangsung di Catalunya dan Italia ikut menunda pelaksanaan. Adapun pelaksanaan kedua seri balap di Eropa pada 31 Mei dan 7 Juni tersebut resmi ditunda karena pandemi virus Corona alias Covid-19.

Terlebih, saat ini, Spanyol dan Italia berstatus sebagai dua negara dengan jumlah kasus positif Covid-19 tertinggi di Eropa. Berdasarkan data Selasa (7/4), Spanyol sudah memiliki 136.675 kasus dan Italia punya 132.547 kasus.

Advertisement

“Seiring dengan situasi yang tetap berada dalam evolusi konstan, tanggal pelaksanaan untuk kedua seri balap tersebut serta seri balap Prancis dan Spanyol yang baru-baru ini juga ditunda, masih belum bisa dikonfirmasi sampai semuanya lebih jelas untuk menggelarnya,” tulis MotoGP dalam pernyataan resminya, Selasa (7/4).

“Kalender yang direvisi akan diterbitkan segera setelah tersedia tanggal baru,” tulis MotoGP lagi.

(wol/aa/mgp/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL