Mendagri: Penanganan Covid-19 Perlu Kerja Sama Pusat dan Daerah

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dr Hj R Sabrina, mengikuti video conference Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkait bidang perindustrian, perdagangan, dan pangan dalam rangka penanganan Covid-19, Selasa (7/4).

Selain Mendagri, hadir Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia beserta para Sekdaprov, bupati, dan wali kota se-Indonesia.

Dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19, Mendagri Tito Karnavian menekankan koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah beserta pihak lain sangatlah diperlukan. Untuk itu perlu adanya arus mobilisasi secara nasional.

“Pusat tidak bekerja sendiri, dimana kewenangan kepala daerah cukup besar, sehingga penanganan Covid-19 ini perlu mobilisasi arus nasional yaitu kerja sama antara pusat dan daerah,” kata Tito.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan daerah dalam menjaga daerahnya. Di antaranya mencukupi ketersediaan sarana prasarana ataupun alat kesehatan serta menjaga kesiapan pangan. Apabila pangan tidak cukup maka akan menimbulkan gangguan sosial dan lain-lain.

Advertisement

Tito juga menyampaikan strategi yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan dalam negeri. Antara lain produksi alat kesehatan dimaksimalkan dan tidak diekspor. Harus diprioritaskan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri dan industri lain yang berhubungan bisa diubah untuk memproduksi alat kesehatan.

Agar industri tetap bertahan, Menteri Perindustrian mengharapkan kepala daerah memberi keleluasaan. Tidak hanya yang memproduksi alat kesehatan melainkan juga industri lain. Senada Mendagri, Sekdaprovsu mengatakan sinergi dengan pemerintah pusat dalam menangani penyebaran Covid-19 sangat penting.

“Koordinasi ini sangat penting untuk kita. Kita tidak bisa bekerja sendiri, sebab pandemi ini mungkin yang terparah melanda Indonesia bahkan dunia,” kata Sekda.

“Kami akan berkoordinasi dengan OPD terkait dalam upaya pencegahan Covid-19. Kita berharap agar pandemi ini hilang dan kita kembali menjalankan aktivitas seperti biasa,” ujar Sabrina.(wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL