Masyarakat Lebih Banyak di Rumah, Risiko Penularan COVID-19 Bisa Dikendalikan

Jubir Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 (Foto : BNPB Indonesia/Youtube)
agregasi

Waspada.co.id – Pemerintah melalui Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto terus mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah. Tujuannya adalah untuk menekan dan mengendalikan laju penularan COVID-19.

Hal tersebut tentunya diikuti dengan imbauan lain, seperti menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah, cuci tangan pakai sabun, serta physical distancing. Yuri mengatakan, kepatuhan masyarakat terhadap imbauan-imbauan tersebut merupakan kunci keberhasilan penanganan COVID-19, termasuk untuk tetap di rumah saja.

“Risiko akan bisa kita kendalikan kalau kita lebih banyak di rumah. Kita lebih aman di rumah, tidak bepergian ke mana pun,” ujar Yuri dalam konferensi pers daring “Update COVID-19”, Kamis (9/4/2020) di Graha BNPB, Jakarta.

Selain itu, Yuri kembali terus mengingatkan, jika masyarakat terpaksa harus keluar rumah, tetap ingat selalu pakai masker. Pakailah masker kain yang menurut Yuri itu sudah cukup.

“Data menunjukkan, masker kain lebih dari 60 persen keefektifannya untuk mencegah penularan. Kemudian, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir setidaknya 20 detik dan sesering mungkin,” imbuhnya.

Advertisement