Masyarakat Diimbau Patuhi Upaya Pencegahan Covid-19

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Sumatera Utara mengimbau masyarakat agar menjalankan dan mematuhi upaya pencegahan Covid-19.

Kekhawatiran tidak perlu datang jika masing-masing individu menjalankan upaya pencegahan penularan Covid-19 yang telah disampaikan dalam protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Whiko Irwan, di Medan, Rabu (1/4).

“Pencegahan penularan dilakukan dengan menjaga jarak, menjaga kontak fisik hingga senantiasa mencuci tangan dengan sabun. Masyarakat tidak perlu khawatir bila masing-masing melakukan upaya pencegahan yang disampaikan,” kata Whiko.

Selain itu, Whiko juga mengatakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) seringkali mendapat stigma negatif. Begitu juga tenaga medis yang merawat pasien Covid-19. Bahkan, kata Whiko, orang-orang tersebut ada yang dikucilkan dan dijauhi.

Melihat kondisi tersebut, Whiko menegaskan Covid-19 ini tidak akan tertular jika masyarakat melakukan upaya-upaya pencegahan tersebut. Oleh sebab itu, setiap individu memiliki tanggung jawab menjaga diri sendiri dan keluarga.

Advertisement

“Mari bersama-sama memutus penularan Covid-19 ini, agar tidak lebih meluas lagi,” tegas Whiko.

Whiko menginformasikan pasien Covid-19 positif meninggal dunia yang terkonfirmasi sebanyak tiga orang. Disampaikan juga, saat ini jumlah ODP hingga Rabu (1/4) berjumlah 2.970 orang. Sementara itu, jumlah PDP yang dirawat berjumlah 88 orang dan Covid-19 positif berjumlah 30 orang.

Sementara itu, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan stimulus yang disebutkan Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu masih dalam pembahasan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). Whiko juga menyampaikan Pemprovsu telah mengeluarkan imbauan maupun kebijakan pada sekolah, perkantoran, dan dunia usaha terkait Covid-19.

“Saat ini sekolah-sekolah telah diliburkan, pusat perbelanjaan tutup sementara, begitu juga dengan tempat hiburan,” sebutnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut mengimbau dunia usaha juga menjalankan upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan memeriksakan kondisi kesehatan pegawai atau menjalankan sistem pergantian waktu pekerja serta sosialisasi di perusahaan,” tuntasnya. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL