KAI Sumut Batasi Kapasitas Perjalanan KA Hanya 50 Persen

Istimewa

MEDAN, Waspada.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI), Divisi Regional Wilayah I Sumut melakukan pembatasan perjalanan kereta api untuk mencegah penyebaran virus corona. Kali ini, PT KAI membatasi kapasitas kereta api untuk kereta menengah menjadi hanya 50 persen okupansi saja.

Vice Presiden PT KAI, Divre Wilayah I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat menuturkan

mulai 2 April 2020, KAI Divre I Sumatera Utara menerapkan pembatasan kapasitas penumpang untuk kereta api jarak menengah menjadi hanya 50 persen dari kapasitas tempat duduk secara keseluruhan.

KAI akan melakukan upaya-upaya untuk mendukung penerapan physical distancing sebagai salah satu tindakan pencegahan penyebaran Covid-19. Di mana, di atas kereta api dan stasiun-stasiun kereta api sudah diberlakukan penerapan pishycal distancing dan sosial distancing,”jelasnya.

“Nanti, akan ada petugas KA yang mengatur jarak satu penumpang dengan penumpang lainnya. Minimal jarak penumpang satu dengan lainnya satu meter. Jika ada penumpang yang berdekatan, petugas KA akan memindahkannya. Makanya, disini nanti petugas KA akan mengawasi. Di Divre I Sumatera Utara sendiri, kereta api yang terdampak seperti, kereta api Sribilah, kereta api Putri Deli dan kereta api Siantar Ekspress,” jelasnya

Advertisement

“Upaya lain untuk mencegah penyebaran virus corona sebutnya, saat ini pengurangan jumlah perjalanan kereta api perharinya yakni, untuk perjalanan kereta api jarak menengah dan lokal sebanyak 20 perjalanan dari 52 perjalanan, dan 32 perjalanan kereta api perhari yang masih beroperasi,”tandasnya.(wol/rls/data3)