Jerman Ingin Klopp Gantikan Loew

Foto: zimbio

MUNICH, Waspada.co.id – Timnas Jerman dikabarkan melirik Jurgen Klopp untuk menjadi pelatih baru di masa depan. Akan tetapi, Klopp tidak akan menggantikan peran pelatih Joachim Loew dalam waktu dekat.

Loew sudah cukup lama menjadi pelatih Der Panzer. Mantan pelatih Austria Vienna tersebut sudah melatih timnas sejak 2006 lalu. Dihitung sebagai asisten, maka Loew berada di timnas selama 16 tahun.

Posisi Loew dikabarkan tidak aman pasca-kegagalan Jerman di Piala Dunia 2018 lalu. Ketika itu, Jerman gagal lolos fase grup karena kalah dari Mexico dan Korea Selatan. Der Panzer hanya menang atas Swedia.

Pun demikian, posisi Loew masih aman. Federasi Sepakbola Jerman (DFB) justru memberi kontrak baru kepada pelatih berusia 60 tahun tersebut hingga Piala Dunia 2022. Sementara itu, Klopp mengukir cerita manis ketika meninggalkan Jerman pada 2015 silam.

Klopp menang tidak langsung meraih sukses, namun membangun Liverpool menjadi tim yang solid seperti sekarang. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu membawa The Reds melaju ke dua final Liga Champions dan juara musim lalu. Liverpool juga nyaris menjuarai Liga Premier musim lalu.

Advertisement

Dikutip dari The Mirror, Kamis (2/4), kiprah Klopp terus dipantau pihak DFB yang menilainya sebagai sosok ideal melanjutkan kinerja Loew pasca-Piala Dunia 2022. Kebetulan kontrak Klopp di Anfield pun berakhir 2022. Banyak pihak beranggapan Klopp tidak akan menampik tawaran melatih Timnas Jerman. (wol/aa/mirror/data3)

editor: AUSTIN TUMENGKOL