Jangan Sembarangan, Melepas Masker Medis Ada Aturannya!

Ilustrasi (Ist)

Waspada.co.id – Orang dalam kondisi sakit wajib memakai masker, begitupun mereka yang keluar rumah meski dalam keadaan sehat. Karenanya, mungkin banyak orang yang ingat bagaimana cara memakai masker agar tidak salah.

Namun, jangan lupa juga cara melepas masker yang tak kalah pentingnya. Karena, disampaikan oleh Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan, masyarakat kerap melupakan tata cara melepaskan masker bedah secara tepat.

Menurutnya, masyarakat biasanya langsung menyentuh bagian permukaan masker bedah. Padahal, hal itu cara melepas masker yang salah.

“Melepaskan masker ada caranya hanya memegang talinya jangan memegang maskernya,” kata Erlina dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu 1 April 2020.

Tata cara ini mungkin kerap dilupakan masyarakat. Padahal, nantinya partikel virus yang kemungkinan menempel di permukaan malah bakal terdistribusi ke tangan

Advertisement

Selain itu, dr Erlina mengingatkan bahwa meski telah melepaskan masker, masyarakat juga jangan merasa telah aman dari ancaman virus. dr Erlina meminta masyarakat untuk tetap langsung mencuci tangan sebagai bagian mempertebal proteksi.

“Jangan merasa aman setelah menggunakan masker, setelah melepaskan masker tetap harus mencuci tangan. Menggunakan masker bila batuk, kalau tidak ada lakukan etika batuk. Intinya pesan pencegahan pertama jaga jarak aman, stay at home, etika batuk jika bersin, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lakukan semuanya dengan disiplin,”imbuhnya.

Selain itu, apabila permukaan dalam masker sudah basah, maka wajib mengganti atau membuangnya dan itu hanya digunakan sekali pakai. Meski begitu, dr Erlina mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa yang wajib menggunakan masker bedah adalah orang sakit dan tenaga medis. (okz/data2)