Ini Hasil Pertemuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dengan MPR RI

Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo (foto: ist)
Iklan
agregasi

JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menyampaikan empat poin hasil perbincangan antara Gugus Tugas Covid-19 bersama MPR RI.

Pertama, kata Doni, pentingnya peningkatan disiplin mulai dari disiplin individu maupun disiplin kolektif. Dimana komunitas atau antarmasyarakat harus saling mengingatkan agar terhindar dari ancaman penyebaran virus corona.

“Yang kedua, adalah menyangkut tentang keterampilan dan juga skill dari petugas di lapangan. Baik petugas medis termasuk juga para pejabat yang ada di daerah,” kata Doni dalam keterangan pers melalui teleconference di BNPB, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Doni menyampaikan, bahwa saat ini kepala desa memiliki peran yang sangat besar dalam memimpin upaya pencegahan, agar warganya terhindar dari wabah virus ini.

“Kemudian yang ketiga menyangkut masalah kebersamaan, gotong royong. Ini adalah suatu kekuatan bagi bangsa kita. Sehingga ketika kita menyampaikan narasi tentang pentingnya gotong-royong, satu sama lainnya saling memberikan bantuan, maka ini adalah merupakan implementasi dari Pancasila,” tutur Doni.

iklan

Mantan Danjen Kopassus itu menyampaikan, poin keempat dalam pertemuan Gugus Tugas Covid-19 bersama jajaran MPR RI yakni membahas pentingnya semua elemen bangsa untuk melepas ego sektoral guna mempercepat penanganan Covid-19 di Tanah Air.

“Marilah kita semua bersatu-padu mengikuti keputusan politik negara, agar kita semuanya bisa menjadi sebuah kekuatan. Karena kekuatan ini menjadi pendorong untuk meningkatkan moril bangsa sehingga imunitas dari bangsa kita bagus dan dengan imunitas tubuh yang tinggi kita bisa mengurangi risiko yang terjadi,” pungkasnya.

Iklan