Hasyim Dukung Akhyar Nasution, Soal Kebijakan Jangan Mudik Dulu

Ketua DPRD Medan, Hasyim SE. (WOL Photo)

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua DPRD Medan Hasyim SE, mendukung kebijakan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang mengimbau warga Medan di perantauan untuk tidak melakukan aksi pulang kampung (mudik) dalam beberapa bulan ke depan, demi memutus mata rantai pandemi virus corona.

Menurut Hasyim, pernyataan Plt Wali Kota Medan Akhyar bukan serta merta keluar begitu saja tanpa ada data dan fakta. Sebab, penyebaran virus corona atau Covid-19 di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini rata-rata dibawa dari luar Kota Medan.

“Saya pikir kan, itu kebijakan preventif. Agar penyebaran virus corona ini bisa terkendali. Karena dari data yang kita dapat, pandemi Covid-19 di Medan itu kebanyakan dari luar datangnya. Jadi saya pikir sah-sah saja, tidak ada masalah. Karena sekarang statusnya bukan siaga darurat lagi, tapi sudah tanggap darurat. Jadi segala cara pun harus dilakukan,” katanya kepada Waspada Online, Rabu (1/4).

Di samping Pemko Medan tengah berpikir keras menangani pandemi Covid-19, sebut Hasyim, juga sedang mencari solusi mengantisipasi dampak sosial dari penerapan stay at home dan physical distancing. Sebab, banyak warga mengurangi aktivitasnya di luar rumah dan secara tidak langsung memperlambat lajunya pertumbuhan ekonomi di sektor mikro.

“Sekarang ini banyak toko dan tempat-tempat usaha yang tutup. Jadi Forkopimda lagi memikirkan regulasi bantuan seperti apa yang akan disalurkan ke warga. Kita maunya dipercepat dan teknis pendistribusiannya juga harus tepat sasaran,” imbuhnya.

Advertisement

Masih kata Hasyim, salah satu antisipasi pandemi covid-19 di Kota Medan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk memperketat pintu-pintu masuk ke Kota Medan melalui bandara, terminal dan pelabuhan. Menempatkan petugas di pos-pos tersebut, guna memeriksa kondisi kesehatan mereka sebelum kembali berbaur dengan masyarakat.

“Kalau warga yang masuk itu terpapar Covid-19, segera isolasi. Saat ini yang terpenting adalah, kita semua harus saling bergotong royong, saling kerja sama, berpikir positif dan mendukung untuk melawan virus ini. Karena semua instansi juga sedang berusaha yang terbaik untuk masyarakat. Semoga wabah virus corona ini cepat berlalu,” harapnya mengakhiri.(wol/mrz/data3)

Editor: SASTROY BANGUN