Gugus Tugas Covid-19: Sumut Belum Akan Terapkan PSBB

Foto: Istimewa

MEDAN, Waspada.co.id – Terkait Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-10 mengklaim belum mengajukan PSBB ke Pemerintah Pusat.

Sebagaimana disampaikan, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah MM dalam siaran resmi di akun Youtube@Humas Sumut, Jumat (10/4) petang.

“Kami sampaikan, berdasarkan Permenkes No. 9 Tahun 2020 bahwa PSBB itu tetapkan oleh Menteri kesehatan yang berdasarkan pengajuan dari Kepala Daerah; gubernur, bupati atau wali kota,” kata Aris.

Aris menyebut ada beberapa kriteria untuk penetapan PSBB sebagaimana dimaksud dalam Permenkes No.9/2020 tersebut, yakni; 1) Jumlah kasus dan kematian semakin meningkat. 2) Terdapat kaitan epidimiologi kejadian serupa di wilayah atau sama dengan negara lain. 3) Pengajuan PSBB harus dilengkapi data-data sesuai dengan Permenkes 9/2020.

“Kami sampaikan hingga hari ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama kabupaten/kota belum ada mengajukan. Jadi tidak ada kaitan antara perbedaan data kasus provinsi dan kabupaten sehingga menyebabkan kabupaten kota ini belum mengajukan PSBB, demikian juga dengan Provinsi Sumatera Utara,” jelas Aris.

Advertisement

Diketahui, sampai saat ini baru Provinsi DKI Jakarta yang secara resmi mengajukan dan telah memberlakukan PSBB mulai 10 April – 23 April 2020 mendatang. (wol/pel/data3)

Editor: Agus Utama