Gubsu Minta Dandim dan Kapolres Bantu Paramedis

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

PEMATANGSIANTAR, Waspada.co.id – Untuk memastikan penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meninjau sejumlah rumah sakit umum daerah. Kali ini, giliran RSUD dr Djasamen Saragih dikunjungi Gubsu.

Didampingi Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor dan Bupati Simalungun JR Saragih, Gubsu langsung meninjau fasilitas dan kesiapan paramedis di RSUD Djasamen Saragih dalam penanganan pasien Covid-19, Selasa (7/4). Peninjauan termasuk memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan manajemen penanganan pasien di rumah sakit tersebut.

“Saya juga meminta kepada seluruh Dandim dan Kapolres turun tangan membantu paramedis dan rakyat. Sama-sama kita bergandengan tangan. Kita selesaikan persoalan wabah ini yang mendunia. Kita berusaha, Tuhan yang menentukan,” ucap Edy.

Para kesempatan itu, Gubsu menanyakan kesiapan RS Djasamen Saragih. Menurutnya, rumah sakit harus menyiapkan ruangan khusus sesuai riwayat pasien. Dalam kunjungannya, Pemprovsu juga memberi bantuan 100 APD dan 100 alat Rapid Test Covid-19 sekaligus mengimbau paramedis menggunakan masker tipe N95.

“Kalau ada pasien PDP, siapkan bangsalnya tapi lihat riwayatnya. Pisahkan kamar pasien yang berisiko positif dan negatif. Kalau riwayat positif masuk ke sini, yang negatif harus disiapkan juga,” kata Gubsu lagi.

Advertisement

Terkait adanya satu keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan tiga anak dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, kini kelimanya telah diisolasi di RSUD dr Djasamen Saragih. Gubsu berpesan agar keluarga dirujuk ke Medan kalau rumah sakit setempat tidak mampu mengisolasinya.

Kadis Kesehatan Siantar, Ronald H Saragih, menyampaikan pihaknya terus berupaya menangani pasien Covid-19 dengan baik. Termasuk keluarga berjumlah lima orang tadi yang telah diisolasi di RSUD dr Djasamen Saragih. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL