Eksekutif-Judikatif Diharapkan Sumbang Gaji Pada Warga Miskin

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Berkaitan dengan Covid-19 yang melanda dunia, masyarakat diharuskan stay at home, bekerja, belajar hingga ibadah di rumah sesuai anjuran pemerintah, sangat dibutuhkan kepekaan khususnya kalangan eksekutif dan judikatif menyumbangkan gajinya kepada masyarakat kurang mampu.

Ha itu ditegaskan Ketua DPD Ikatan Penasehat Hukum Indonesia Sumatera Utara (IPHI Sumut), M Sa’i Rangkuti SH MH, Sabtu (11/4), menanggapi semakin sulitnya masyarakat kalangan menengah ke bawah menghidupi keluarga akibat wabah Corona yang sudah banyak menghilangkan nyawa di dunia ini.

Stay at home tidak akan berjalan maksimal terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah seperti tukang becak, supir angkot, gojek online, supir taksi, pedagang kaki lima, jurnalis, pekerja bangunan, termasuk para ustadz dan penceramah yang selama ini mengisi kegiatan pengajian dan lainnya. Selama virus Corona, kegiatan mereka terhenti dan ini perlu mendapat perhatian,” sebutnya.

Khusus bagi karyawan yang di-PHK, pihak perusahaan diharapkan dapat memberikan gaji dan THR penuh dengan pertimbangan kebijaksanaan kemanusiaan. Rangkuti juga mengusulkan perlu dibuka rekening khusus Pemprovsu atau Pemko Medan agar donatur terutama kalangan eksekutif dan judikatif dapat mentransfer uangnya satu atap,” kata Rangkuti.

“Hal ini agar penyaluran atau distribusinya merata dan transparan via kepling, Camat bertanggung jawab di wilayah masing-masing, sehingga terdata dan penyalurannya tepat sasaran. Saya yakin eksekutif dan judikatif ikhlas menyumbangkan satu dua bulan gajinya unuk masyarakat kurang mampu,” sambung lulusan Fakultas Hukum UISU Medan itu.

iklan

Selain itu, kata Sa’i yang juga Pembina Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara itu, penyalurannya pun harus benar-benar selektif. Diharapkan tidak ada warga mampu (kaya) tapi masih mau menerima hak orang yang tidak mampu (miskin).

“Di sinilah dibutuhkan rasa kebersamaan, kepedulian terhadap sesama tanpa pandang bulu untuk bersatu membantu sesama yang tidak mampu sesuai instruksi Presiden Joko Widodo,” kata Rangkuti juga Direktur Advokasi Hukum JAMIN (Jokowi-Ma’ruf Amin) Sumut. (wol/aa/rls/data2)

Editor M AGUS UTAMA

Iklan