DPRD: Hati-hati Gunakan Dana Penanggulangan Covid-19

Ketua Komisi I DPRD Medan, Rudiyanto Simangunsong

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi I DPRD Medan, Rudianto Simangunsong, mengingatkan Pemko Medan berhati-hati gunakan anggaran pencegahan penyebaran Covid-19. Pengawasan sejak dini dinilai perlu guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Kita perlu jaga-jaga sejak sini, jangan sampai tersandung hukum dikemudian hari,” ujarnya kepada sejumlah awak media di gedung DPRD Medan, Senin (6/4).

Dikatakan, akibat dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini, memang sudah mulai terintegrasi. Pemko Medan didorong untuk peningkatan pelayanan orang sakit, begitu juga dengan penggunaan anggaran supaya transparan.

“Kita sangat prihatin bila nanti pejabat Pemko Medan terjerat hukum karena kesilapan penggunaan anggaran,” sebutnya seraya menyebut belajar dari musibah Sunami Aceh banyak yang terlibat kasus hukum dikarenakan penyalahgunaan anggaran.

Masih kata Rudianto, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan penggunaan anggaran kebutuhan Covid-19.

Advertisement

“Kita sayang terhadap pejabat Pemko Medan dan rakyat kita. Maka pengawasan ini pun bagian dari itu. Bila masih ada yang terbukti penyelewengan anggaran bantuan bencana, sangat setuju di hukum mati,” tegasnya.

Terkait untuk pengalihan anggaran dari beberapa pos di Sekretariat DPRD Medan, Rudianto menyampaikan sangat dimungkinkan. “Saya yakin beberapa pos anggaran seperti pejalanan dinas dan sosialisasi perda sangat setuju dialihkan,” imbuhnya.

Bahkan, lanjut Rudianto, pihaknya sedang memperjuangkan pengalihan anggaran dari APBD Pemko Medan untuk kebutuhan rakyat Medan mengatasi situasi dampak Covid-19. “Pada dasarnya kita berpihak pada kebutuhan rakyat. Rakyat butuh apa, kita setuju untuk melindungi rakyat,” pungkasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Ketua Komisi I DPRD Medan Rudianto Simangunsong