Data Pasien Corona Tak Sinkron, Ini Penjelasan Gugus Tugas Covid-19 Sumut

Istimewa

MEDAN, Waspada.co.id – Beberapa hari terakhir, terlihat ketidaksinkronan data pasien baik PDP atau ODP antara apa yang disampaikan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara dengan data yang dipublikasikan Gugus Tugas Covid-19 Pusat.

Hal tersebut diakui Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr. Aris Yudhariansyah MM.

Berdasarkan data yang dipublikasikan Gugus Tugas Covid-19 Pusat melalui situs resmi www.covid19.go.id, jumlah pasien yang terkonfimasi positif tertulis 59 orang, sembuh 0, meninggal dunia 4 orang.

Angka yang berbeda dengan apa yang disampaikan Gugus Tugas Covid-19 Sumut dinilai akan menimbulkan kekeliruan di tengah-tengah masyarakat.

“Terkait data, hari ini kita sudah bertemu kawan-kawan Gugus Tugas Covid-10 se-Sumatera Utara terkait sinkronisasi data yang masuk ke Gugus Tugas Sumut. Insya Allah data yang ada sekarang semua berdasarkan penelitian epidemiologi dari kabupaten kota,” ujarnya, Rabu (8/4).

Advertisement

Gugus Tugas Covid-19 Sumut mengklaim, masalah sinkron data dengan Gugus Tugas Pusat hanya masalah waktu. “Data di Sumut ditutup pukul 16.00 WIB, sementara Pusat sudah menyampaikan ke publik. Jadi ini masalah waktu saja,” tambah Aris.

Saat ini, Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumut berjumlah 3.323 orang, dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat berjumlah 140, meninggal dunia 7 orang. Pasien yang sembuh 8 orang. (wol/ags/data3)

Editor: Agus Utama