Covid-19 Bisa Disembuhkan, Gugus Tugas: Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada.co.id – Salah satu pasien positif Covid-19 di Sumut telah dinyatakan sembuh usai menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit. Kabar ini menjadi bukti bahwa Covid-19 merupakan penyakit yang dapat disembuhkan.

Untuk itu, masyarakat Sumut diminta tidak khawatir dengan tetap menjaga kesehatan, kebersihan dan melaksanakan protokol pencegahan Covid-19. Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan, Minggu (5/4). Hingga Minggu (5/4), pasien sembuh satu orang, PDP 122 orang, dan positif 56 orang.

“Kami mengajak saudara-saudari sekalian, masyarakat di wilayah Sumut, agar tidak bosan melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19. Tetap tinggal di rumah bersama keluarga, tidak bepergian ke tempat keramaian, menjaga jarak dengan sesama, membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air bersih serta biasakan menggunakan masker,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Whiko juga menyampaikan perkembangan terkait ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test. Pada Sabtu (4/4) kemarin, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut telah menerima kiriman 7.000 APD dan 35 ribu masker dari pusat yang dibawa menggunakan pesawat Boeing TNI Angkatan Udara di Lanud Soewondo Medan.

“Untuk Rapid Test telah didatangkan sebanyak 10.800 di mana sekira 4.000 lebih telah didistribusikan ke rumah sakit rujukan yang menangani Covid-19. Tenaga medis sebagai orang-orang yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19 akan diprioritaskan untuk menggunakan Rapid Test, begitupula alokasi APD saat ini,” jelas Whiko.

Advertisement

Lebih lanjut, Whiko pun mengingatkan masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh. Adapun orang-orang yang rentan dan memiliki daya tahan tubuh lemah yaitu lanjut usia, penderita sakit kronis, penderita kanker lanjut, orang-orang dengan penyakit auto imun serta mereka yang mengonsumsi obat kortikosteroid dalam jangka panjang.

“Daya tahan tubuh pun bersifat dinamis. Adakalanya kita kurang istirahat, stres, makan tidak teratur, kurang minum, dan kurang vitamin, sehingga daya tahan tubuh turun. Mari bahu-membahu mencegah penularan virus ini. Kita dukung dan laksanakan imbauan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, salah satunya tidak mudik,” ucapnya. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL