Cegah Covid-19, Jurnalis Gayo Lues Bersatu Tangkal Hoax

Foto: Sejumlah jurnalis Gayo Lues saat membuat kesepakatan bersama mendukung pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Gayo lues, di Media Center Covid-19, Kamis (9/4). (WOL Photo)

BLANGKEJEREN, Waspada.co.id – Puluhan jurnalis di Kabupaten Gayo Lues, menyatakan sikap mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Gayo Lues sebagai aksi pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19), dengan mensosialisasikan perkembangan terkini kepada masyarakat.

Awak media juga menjadi garda utama memberikan informasi dan fakta yang akurat, menolak hoax, melalui Media Center Satgas Covid-19 di Gayo Lues.

Sebagaimana dikatakan Koordinator Jurnalis Covid-19, Bustanuddin dari Waspada Online di Blangkejeren, Kamis (9/4). Dijelaskan, dukungan dan kekompakan para jurnalis tersebut terhadap penanganan Covid-19 didasari atas pentingnya informasi yang benar dan mendidik masyarakat luas guna menangkal berita bohong (hoax) yang kerap menimbulkan kesalahpahaman dan keresahan di tengah-tengah masyarakat dalam mencerna sebuah informasi.

Dalam konferensi pers sebelumnya di Media Center Covid-19, Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru dan Wakil Bupati H. Said Sani sangat mendukung upaya yang dilakukan para awak media yang meliput di Kabupaten Gayo Lues.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Gayo Lues akan memberikan bantuan berupa APD (Alat Pelindung Diri) bagi jurnalis yang membutuhkan, jika nantinya melakukan liputan di tengah wabah Corona yang sudah terjangkit,” jelasnya.

Advertisement

Bupati Gayo Lues juga sepakat akan membantu para jurnalis yang juga berada di garis depan dan memiliki resiko yang tinggi terhadap penularan virus Covid-19, apalagi meliput di daerah yang sudah dinyatakan Red Zone (zona merah). “Diharapkan para jurnalis tetap semangat berada di garis depan dalam meliput dan mensosialisasikan kepada masyarakat,” sebutnya.

Bantuan tersebut dapat berupa sembako, transportasi liputan, dan bantuan liputan Covid-19, yang direvisi dari anggaran UKW dan Pelatihan Jurnalis yang sebelumnya sudah dibatalkan akibat adanya Darurat Covid-19, yang tidak membolehkan adanya kegiatan tersebut.

Koordinator Liputan Covid-19 juga menegaskan, bantuan ini akan diterima para jurnalis Gayo Lues sesuai dengan data yang sudah ter-cover dengan membubuhkan masing-masing tanda tangan dan persetujuan,” sebut Bustanuddin. (wol/bus/data3)

Editor: M Agus Utama