Bila Kompetisi Musim Ini Batal, PSSI Punya Skenario Lain

WOL Photo/Ega Ibra

JAKARTA, Waspada.co.id – PSSI mengaku telah mempunyai skenario jika Shopee Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim ini dibatalkan. Federasi sepakbola nasional tersebut bakal membuat ajang lain yang mempertandingkan para klub tanah air.

Berdasarkan surat PSSI bernomor 48/SKEP/III/2020, menyatakan Liga 1 dan 2 force majeure atau keadaan kahar terhitung Maret hingga Juni 2020. Penyebaran virus Corona (Covid-19) di tanah air yang kian luas jadi sebabnya.

Dijadwalkan Liga 1 dan 2 kembali bergulir pada Juli mendatang, dengan catatan situasi sudah membaik. Namun bila pemerintah menambah masa tanggap darurat, yang berakhir pada 29 Mei 2020 karena virus Corona masih tak terkendali, kompetisi musim ini dibatalkan.

“Kami tidak bisa melanjutkan pertandingan-pertandingan karena waktunya tidak memungkinkan untuk menyelesaikan Liga 1 dan 2. Hal ini sudah kami komunikasikan dengan beberapa pemilik klub liga. Kami tidak berani jika pemerintah belum mengizinkan berkaitan dengan pencabutan Covid-19 ini,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) virtual dengan Komisi X DPR RI, Rabu (8/4).

“Kami juga menyiapkan opsi lain apabila September nanti selesai (virus Corona), kami akan minta izin kepada pemerintah untuk mengadakan kompetisi khusus. Seperti Liga Indonesia atau lain sebagainya untuk penamaannya,” sambungnya.

Advertisement

“Itu pun akan kami lakukan dengan komunikasi dengan beberapa klub yang ada. Dengan begitu bisa mengisi kekosongan sisa waktu sampai akhir tahun,” tandas Iwan Bule, sapaan akrab Ketum PSSI. (wol/aa/goal/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL