500 TKI Asal Malaysia Tiba di Sumut Jalani Karantina

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah 500 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia akan dipulangkan ke Sumatera Utara (Sumut) secara bertahap melalui Kualanamu International Airport (KNIA), Kamis (9/4).

Sebelum dipulangkan ke kampung halaman, para TKI yang tiba, terlebih dahulu akan diperiksa dan dikarantinakan untuk sementara waktu di dua lokasi yakni di Deliserdang dan Medan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Untuk di Kota Medan, Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 akan melakukan karantina TKI di Lapangan Udara Soewondo Medan.

Dan Lanud Soewondo, Kolonoel Pnb Meka Yudanto, mengatakan berdasarkan hasil koordinasi dengan Gubernur Sumut, Lanud Soewondo telah diminta untuk menyiapkan penampungan sementara bagi para TKI ini.

Untuk itu kemudian, mereka menyiapkan gedung di bekas Bandara Polonia untuk menjadi tempat penampungan sementara. Selama beberapa hari, mereka akan di tampung sementara untuk kemudian dijemput oleh pemerintah kabupaten/kota asal TKI.

Advertisement

“Di sini tidak sampai seminggu, mereka akan dijemput oleh Pemkab/Pemko masing-masing,” katanya.

Selama di penampungan sementara mereka akan diberi makan 3 kali sehari, dengan ruangan yang dilengkapi kipas angin dan dijaga oleh personil gabungan.

Menurutnya, mereka hanya menampung sebanyak bed yang tersedia. Namun bila ada dukungan tambahan bed, maka ruangan lain juga bisa dipergunakan.

Menurut informasi yang diterimanya, TKI yang ditampung di Lanud Soewondo adalah yang tiba pada Kamis sore ini dan besok melalui Bandara Kualanamu. Selain Kualanamu, sebagian TKI asal Malaysia ini juga dipulangkan melalui Jakarta bagi TKI asal Jawa dan sekitarnya.

Setelah melewati protokol kesehatan, baru mereka akan dibawa dengan bus ke Lanud Soewondo. Setelah beberapa hari, baru mereka dijemput Pemkab/Pemko masing-masing untuk dikarantina lanjutan.(wol/lvz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN