Terapkan Sistem Belajar Online, Ini Tanggapan Para Siswa

Foto: istimewa
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Semenjak dikeluarkannya surat edaran kepada Lembaga Pendidikan untuk melaksanakan sistem belajar online di rumah terkait dengan pencegahan Virius Corona.

Beberapa tanggapan turun dari para mahasiswa maupun pelajar yang ada di Kota Medan, diantaranya Silvia Dea, mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU). Menurutnya, sistem belajar online tidak menjadi permasalahan.

“Hanya saja, bagi saya dengan kebiasaan sehari-hari sistem belajar di USU yang selalu tatap muka dan diubah menjadi sistem online, membuat saya pribadi agak sedikit bingung dan justru asing. Tapi sejauh ini gak ada masalah untuk cara ini karena mengantisipasi penyebaran Virus Corona,” tuturnya, Kamis (19/3).

Jadi semenjak diberlakukan, setiap hari pembelajaran yang seharusnya tatap muka dialihkan melalui pembelajaran online, dan surat edaran rektor sampai dengan dua minggu ke depan.

“Dan tanggapan saya, untuk mencegah penyebaran virus ini, antisipasi yang pertama adalah melalui diri sendiri yaitu dengan menjaga kebersihan dan setidaknya menjaga diri sendiri agar tidak bersentuhan langsung dengan orang lain di luar rumah, mengalihkan aktifitas di rumah kurang lebih 14 hari, dan dengan melakukan ini semoga keadaan kita kembali pulih lagi, terutama sistem belajar juga normal kembali,” ucapnya.

iklan

Sementara, menurut salah seorang siswa kelas X di Yayasan Pendidikan Teknologi Teladan Medan, Lela mengaku sedih karena belajar di sekolah itu lebih menyenangkan dibandingan belajar online.

“Karena ketika belajar di sekolah kita lebih mudah memahami suatu pelajaran karena disampaikan secara langsung walaupun belajar di sekolah hanya sebentar,” ungkapnya.

Mudah-mudahan kondisi ini segera pulih dan imbauan dari sekolah seluruh murid harus waspada seperti menghindari keramaian, perbanyak minum air putih, dan selalu mencuci tangan setelah memegang sesuatu.

Begitu juga, hal yang sama diungkapkan salah seorang mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Wulan Tarigan, yang mengaku kurang suka dengan sistem belajar online, namun karena kondisi yang tidak memungkinkkan terkait pencegahan Virus Corona, harus diterapkan.

“Semoga ini tidak berlangsung lama, dan semua keadaan pulih kembali, jadi kita bisa cepat masuk perkuliahan dan belajar seperti biasa,” tandas Wulan.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan