Sujiatmi, Wanita Tangguh di Balik Karier Politik Jokowi

Ibunda Joko Widodo, Sujiatmi Notomiatdjo (Foto: Antara)

JAKARTA, Waspada.co.id – Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomihardjo meninggal dunia di Solo, pada Rabu (25/3). Belum diketahui penyebab meninggalnya ibunda orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Berdasarkan informasi dari pelbagai sumber, Sujiatmi lahir pada 15 Februari 1943. Perempuan dari keluarga pedagang kayu ini tumbuh besar di kawasan Ngemplak, Boyolali, Jateng.

Perempuan itu menikah dengan Widjiatno Notomihardjo yang tinggal di Karanganyar, Solo pada 1959. Dari pernikahan itu, dia dikaruniai empat anak, yakni Jokowi, Sriyatin, Idayati, dan Titik Ritawati.

Tak banyak informasi pribadi dari Sujiatmi. Namun, sosok Sujiatmi diketahui merupakan saksi mata atas karir politik Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi presiden Indonesia dua periode.

Selama hidup, Sujiatmi diketahui pernah mendapatan penghargaan sebagai Perempuan Tangguh Award 2018 dari Ketuda Dewan Perempuan PERTIWI Mooryati Soedibyo.

Menjelang Pilpres 2014 lalu, Sujiatmi, berpesan pada putranya untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. “Kalau sudah jadi sesuatu, apapun risikonya ya jalankan,” katanya kepada CNN Indonesia di Solo.

Sujiatmi mengatakan Jokowi, begitu putranya akrab dipanggil, harus menjalankan tugasnya sebagai presiden dengan jujur. “Pesan saya itu saja buat Jokowi,” ujarnya lagi. (cnnindonesia/ags/data3)