Resmi! Serie A Stop Sementara

foto: twitter

ROMA, Waspada.co.id – Serie A resmi dihentikan sampai batas waktu yang belum ditentukan karena virus Corona yang terus meluas di Italia. Hal itu pun diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte.

Dengan angka kematian setempat yang kini menembus 463 orang dari total 9.172 yang terinfeksi, pemerintah lantas melakukan ‘lockdown’ di seluruh wilayah, yang berarti tidak boleh ada yang keluar masuk negara tersebut.

Langkah itu, sebelumnya diberlakukan untuk wilayah Italia utara, meliputi larangan berkumpul dalam jumlah massa yang besar dan membatasi pergerakan orang-orang kecuali mereka yang bekerja dan melakukan layanan genting.

Serie A sendiri sempat dilanjutkan dengan tanpa penonton, termasuk Derby D’Italia antara Juventus dan Inter Milan, namun aturan baru ini akan membuat kompetisi tersebut mustahil untuk diteruskan. Meski begitu, klub-klub Italia masih boleh berkompetisi di kejuaraan Eropa dengan syarat tanding tanpa penonton.

“Tidak ada waktu lagi, statistik menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah penyebaran dan banyak orang masuk ruang perawatan intensif dan banyak kematian,” kata Conte, Selasa (10/3).

Advertisement

“Kebiasaan kami harus berubah, kami harus mengorbankan sesuatu demi kebaikan seluruh Italia. Kami harus menghindari bepergian kecuali demi alasan kerja yang sangat perlu, alasan kesehatan atau keperluan lainnya. Kami melarang pertemuan publik yang besar,” sebutnya lagi.

“Kami juga memiliki langkah-langkah yang lebih ketat untuk kegiatan olahraga. Serie A dan semua turnamen olahraga pada umumnya ditangguhkan. Semua suporter harus menerimanya,” pungkas Conte.

Di Italia sendiri, virus Corona diyakini lebih ganas karena itu sudah berevolusi menjadi tipe L dari yang sebelumnya menyebar yakni tipe S. Hingga pekan ke-26, Serie A dikuasai oleh juara bertahan Juventus yang memimpin satu poin dari Lazio selaku pesaing terdekat. (wol/aa/dailymail/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL