Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, DPC PDIP Medan Bagikan Hand Sanitizer

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – DPC PDI Perjuangan Kota Medan, Kamis (26/3) sore lalu, menggelar baksos (bakti sosial) pembagian 500 buah masker dan hand sanitizer kepada pengguna jalan di kawasan Lapangan Merdeka, Medan.

“Kami juga bagikan vitamin C dan bandrek, minuman tradisional kita yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan, Hasyim SE kepada wartawan di sela-sela baksos itu.

Ia mengungkapkan, pihaknya sempat kesulitan menemukan masker dan hand sanitizer. “Kami pesan dulu, kalau dicari di berbagai toko kesehatan, habis,” ungkapnya.

Baksos itu dihadiri sejumlah pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Medan. Di antaranya Hj Fitriani Manurung, Heni Ria br Karo, Ade Darmawan, Felixianus Simbolon, Jansen Sihaloho, Parlindungan Sinaga, Cut Zuriaty, Ruth Damai Yenti Sembiring, dan Supranoto.

Hasyim yang juga Ketua DPRD Kota Medan ini mengimbau agar tidak ada warga yang melakukan penimbunan alat kesehatan, karena bisa dipidana. Pihak kepolisian juga sudah menyampaikan imbauan ini. “Saya kira ini soal kemanusiaan ya, jadi kalau sampai ada yang menimbun dalam kondisi seperti ini, saya kira itu tidak manusiawi sekali,” ujarnya.

Advertisement

Dia juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi pemerintah, terkait upaya preventif seperti tidak keluar rumah jika tidak ada urusan penting dan mendesak, hindari kerumunan, patuhi social distancing, sering mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, lalu ada juga protokol yang bisa dilakukan jika sampai di rumah setelah bepergian.

“Ini proteksi yang bisa dilakukan secara mandiri. Kalau kita mau memproteksi begitu, maka kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini,” ucapnya.

Hasyim juga mengapresiasi pemerintah yang memberikan perhatian kepada masyarakat menengah ke bawah terkait cicilan utang di bank dan lembaga perbankan. “OJK juga menyampaikan terkait hal itu. Sekarang persoalan tinggal di kita, mau tidak kita patuhi? Ya harus mau, karena musibah Corona ini adalah soal kemanusiaan.” tukas Hasyim.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN