PN Medan Berlakukan Social Distance

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Sesuai anjuran pemerintah untuk antisipasi Virus Corono (Covid-19) menyebar, Pengadilan Negeri Medan mulai berlakukan social distance (jaga jarak, red) di setiap ruangan sidang.

Hal itu dibenarkan oleh Humas Pengadilan Negeri Medan Tengku Oyong. Dijelaskan bahwa Pengadilan Negeri Medan sudah melakukan ‘social distance.’

“Yah sudah hari ini, mangkannya kita langsung membuat jarak, sesuai dengan kebijakan pemerintahan harus ada social distance,” ujar Tengku Oyong.

Tidak hanya itu, Pengadilan Negeri Medan juga akan menerapkan sidang berbasis online untuk mengantisipasi keramaian.

“Lagi kita usahakan untuk sidang online. Dengan sistem, tahanannya tetap di rutan, dan hanya hakim, penasihat hukum dan jaksa aja yang ada di sini (Pengadilan Negeri Medan). Bisa juga Jaksa yang di rutan mendampingi terdakwa. Tapi lihat nantilah gimana hasilnya,” ujar Oyong.

Lebih lanjut dikatakan, Pengadilan Negeri Medan juga sudah bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan untuk meniadakan pelimpahan berkas perkara pidana sampai Virus Corono sudah dalam kondisi aman.

Berdasarkan pantauan setiap ruangan, baik ruang sidang, ruang tunggu, dan ruang jaksa yang ada di Pengadilan Negeri Medan, sudah ditempeli dengan lakban, untuk membuat jarak ketika sedang duduk.

Bahkan, satpam Pengadilan Negeri Medan selalu mengingatkan ke setiap pengunjung untuk selalu menjaga jarak.(wol/ryan/data3)

Editor: SASTROY BANGUN