“PeduliLindungi” Aplikasi Pelacak Sebaran Corona Rilis Minggu Depan

Ilustrasi (ist)

Waspada.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mengungkapkan aplikasi untuk melacak sebaran virus corona (COVID-19), yang sementara diberi nama PeduliLindungi dapat diunduh mulai pekan depan. Nantinya aplikasi akan tersedia di sistem operasi Android dan iOS.

“Aplikasi yang diperuntukan bagi masyarakat dan akan diberi nama oleh Bapak Presiden tersebut diharapkan secara aktif didownload melalui Play Store atau App Store setelah diluncurkan minggu depan,” kata Johnny dalam keterangan resminya, Sabtu (28/3/2020).

Johnny menambahkan aplikasi tersebut dimaksudkan untuk melindungi baik pasien positif, Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), suspect maupun masyarakat luas.

“Oleh karena itu aplikasi saat ini terus didevelop agar bisa diinstall oleh tidak hanya pasien positif, ODP, PDP dan Suspect tapi oleh seluruh masyarakat melalui smartphone,” imbuh Johnny.

Johnny mengatakan aplikasi yang sementara diberi nama PeduliLindungi ini memiliki konfigurasi berbeda dengan aplikasi TraceTogether milik Singapura, meskipun fungsinya sama. Ia menambahkan akan ada beberapa fitur yang dikembangkan menyesuaikan masyarakat Indonesia.

Advertisement

“Mengingat infrastruktur dan ekosistem telekomunikasi kita yang berbeda dengan subscriber hampir 300 jutaan MSISDN. Di samping itu fiturnya juga lebih kaya misalnya akan dikembangkan fitur fencing dan warning,” jelas Johnny. (okz/data2)