Mahfud MD Ajak Umat Muslim Laksanakan Solat Ghaib Doakan Ibunda Presiden Jokowi

Mahfud MD. (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)
agregasi

JAKARTA – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan, saat dirinya menerima kabar ibunda dari Presiden Joko Widod (Jokowi) yaitu Sudjiatmi Notomihardjo, sempat berencana mengkoordinir anggota kabinet untuk bertakziyah ke Solo.

“Ketika mendengar kabar bahwa Ibunda Pak Jokowi wafat, saya mencoba mengkoordinir teman-teman anggota kabinet untuk bertakziyah ke Solo. Saya coba untuk meminjam pesawat TNI AU atau Polri,” kata Mahfud dalam keterangannya, Rabu (25/3/2020) malam.

Hanya saja kemudian dia mendapatkan kabar dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekertaris Kabinet Pramono Anung yang dimana Presiden Jokowi memberikan imbauan agar menteri tetap di Jakarta menjalankan tugas-tugasnya.

“Tapi tiba-tiba ada arahan dari Presiden melalui Pak Pratikno dan Pak Pramono Anung agar para menteri tak pergi ke Solo, melainkan fokus pada tugas saja di Jakarta. Jadi saya dan kawan-kawan tidak ke Solo. Saya dan isteri melakukan salat ghaib dari rumah untuk jenazah almarhumah,” beber Mahfud.

Mahfud menyadari imbauan Presiden Jokowi agar para menteri tak melayat ibundanya adalah sebuah bentuk physical distancing yang sedang digaungkan pemerintah dalam menghidari virus corona.

“Saya tahu Pak Jokowi tak enak meminta orang untuk tidak melayat langsung, tetapi karena beliau sendiri yang mengumumkan dan berkampanye agar rakyat tidak melakukan kerumunan dalam rangka physical distancing guna menangani Covid-19, maka beliau meminta masyarakat tidak bertakziyah ke rumah duka,” ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud mengatakan, Presiden Jokowi telah meminta agar para menteri dapat mendoakan Ibundanya dari rumah masing-masing. Dia juga mengajak seluruh umat muslim di tanah air dapat menjalankan salat ghaib guna mendoakan almarhumah.

“Beliau minta agar almarhumah didoakan dari rumah masing-masing saja. Saya sendiri mengimbau juga, sebaiknya bagi kaum muslimin yang ingin mensalatkan janazahnya dilakukan dengan salat ghaib saja dari rumah. Itu ada ajarannya di dalam Islam,” tutup Mahfud.

Sekedar informasi Sudjiatmi tutup usia pada umur 77 tahun. Dia meninggal dunia hari Rabu 25 Maret sekiranya pada pukul 16.45 WIB. Almarhumah sendiri akan dimakamkan di Permakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, hari ini Kamis (26/3/2020).

“Pemakaman InsyaAllah besok jam 13.00 WIB di Mundu, Kabupaten Karanganyar,” ujar Jokowi.