Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalis Pemprovsu Berhadiah Total Rp79 Juta

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, Waspada.co.id – Pemprovsu melalui Dinas Kominfo Sumut kembali menggelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalis tahun 2020 berhadiah total Rp79 juta dalam rangka HUT ke-72 Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Plt Kadis Kominfo Sumut H M Ayub SE didampingi Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Abdul Aziz Batubara SSos MAP mengemukakan hal itu kepada wartawan, Kamis (19/3). Dijelaskan, kedua lomba ini sudah berlangsung dan batas waktu dimuatnya naskah tulisan yang diperlombakan sampai 9 April 2020.

Lomba karya tulis mengambil tema “Membangun Desa Menata Kota Menuju Sumut Bermartabat” dengan sub tema Kontribusi Bagi Hasil Perkebunan dalam Pembangunan Daerah, Menyikapi Virus Corona Secara Rasional, dan Mempersatukan Masyarakat dalam Pilkada yang Demokratis dan Damai.

Karya tulis yang diikutsertakan adalah naskah yang ditulis sendiri oleh peserta, bukan plagiat atau karya orang lain serta harus sesuai salah satu sub tema. Naskah dimuat dalam media peserta bertugas dengan lampiran fotokopi Kartu Pers dan KTP.

Naskah tulisan yang diperlombakan tidak dibenarkan terbit di media bukan tempat peserta lomba bertugas. Selain itu, peserta hanya dapat mengikutsertakan satu naskah dalam bentuk reportase atau laporan dalam ukuran kertas A4 minimal 5000 karakter dan maksimal 8000 karakter dengan 1,5 spasi, huruf Times New Roman, dan ukuran huruf 12.

Advertisement

Karya tulis diserahkan pada panitia dalam bentuk CD (cetak/online), print out naskah asli (cetak/online), kliping koran (cetak), print out laman web yang memuat tulisan. Khusus media online menyertakan link website tulisan dimuat sebagai bahan verifikasi, lalu mengisi formulir pendaftaran (download di http://www.sumutprov.go.id dan http://diskominfo.sumutprov.go.id )

Naskah dikirim langsung atau melalui pos bersama formulir yang telah diisi dalam amplop tertutup paling lambat 9 April 2020 pukul 16.00 WIB di Kantor Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara, Jalan HM Said No 27 Medan.

Khusus lomba foto, peserta adalah jurnalis/fotografer yang berdomisili di Indonesia, bekerja pada media cetak, media siber atau kantor berita dengan menyerahkan fotokopi Kartu Pers dan KTP. Foto yang diikutsertakan belum pernah menang pada perlombaan manapun.

Hasil karya yang diambil pada 1 Januari-9 April 2020 dan lokasi pengambilan foto berada di wilayah Sumatera Utara, dicetak di atas kertas foto berwarna ukuran 8R (20 cm x 30 cm). Peserta lomba menggunakan kamera DSLR atau mirrorless serta tidak diperkenankan menggunakan kamera Drone maupun Action Cam.

Peserta wajib mengirimkan minimal tiga karya foto untuk diperlombakan sesuai tema dengan salah satu karya foto wajib dimuat di media cetak atau siber. Masing-masing lomba karya tulis dan foto disediakan hadiah juara I Rp10 juta, juara II Rp8,5 juta, juara III Rp7 juta, harapan I Rp5 juta, dan harapan II Rp4 juta. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL