Kubu Amien Rais Disebut Bakal Rancang Partai Baru

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. (Foto: ANTARA/Didik Suhartono)

JAKARTA, Waspada.co.id – Sebagian kader Partai Amanat Nasional (PAN) kubu Amien Rais mempersiapkan pembentukan partai baru usai Kongres V di Kendari beberapa waktu lalu dimenangkan Zulkifli Hasan. Dalam kongres, Zulhas terpilih menjadi ketua umum mengalahkan Mulfachri Harahap dari kubu Amien Rais.

Politikus PAN Asri Anas yang pada Kongres V PAN berseberangan dengan Zulhas membenarkan informasi itu. Dia mengatakan Amien Rais yang memimpin langsung gerakan pembentukan partai baru.

“Saat ini memang ada proses konsolidasi ya, memang salah satunya yang memberikan pertimbangan itu adalah Pak Amien Rais,” kata Asri yang juga Ketua DPW PAN Sulawesi Barat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (27/3).

Asri menjelaskan bahwa pembentukan partai baru dilakukan karena Amien dan beberapa tokoh lainnya merasa PAN sudah melenceng dari misi awal. Asri mengatakan ada tokoh nasional yang menyebut PAN saat ini sebagai partai murahan.

Dalam gerakan ini, kata Asri, telah ada 150 pimpinan di provinsi dan kabupaten/kota yang sudah merapat ke kubu Amien Rais. Amien pun disebut sudah memulai safari politik ke penjuru Nusantara untuk memastikan kekuatan di daerah.

Advertisement

Rencana awal, partai baru akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2020. Namun rencana itu ditunda akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Asri menuturkan partai baru nanti akan diperkuat oleh loyalis Amien Rais dari kalangan aktivis Muhammadiyah dan aktivis 1998. Tiga nama telah disiapkan sebagai opsi nama partai pecahan PAN itu.

“Apakah namanya PAN Reformasi atau ada juga menyebutnya Partai Amanat Rakyat, yang paling bagus ada Partai Amanat Reformasi. Ada tiga opsi saat ini,” ucapnya.

CNNIndonesia.com telah menghubungi anak Amien Rais, Hanafi Rais untuk mengkonfirmasi kabar pembentukan partai baru ini. Namun belum mendapat respons. Panggilan Telepon dan pesan WhatsApp CNNIndonesia.com belum dibalas.

Sebelumnya, dinamika perpecahan PAN memuncak pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari 2020. Kongres itu diwarnai kericuhan, beberapa kader terluka dan harus dibawa ke rumah sakit.

Di tengah kondisi panas, Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai ketua umum. Namun kubu Amien Rais tidak menerima. Bahkan Amien mengancam melapor ke polisi karena menurutnya kericuhan sengaja dibuat oleh Zulhas untuk mengurangi suara Mulfachri. (cnnindonesia/ags/data3)