KPPU Sebut Permintaan Masker dan Hand Sanitizer Tinggi di Pasaran

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan membantah produk alat kesehatan untuk penanganan Virus Corona (Covid-19) seperti hand sanitizer, masker, dan alkohol di ekspor.

Dengan langkanya produk alkes tersebut murni karena permintaan yang tinggi dari masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan KPPU, Medan, Ramli Simanjuntak menuturkan sampai saat ini belum ada ditemukan alkes tersebut di ekspor dari Medan.

“Kalaupun ada pasti diperiksa polisi, sampai saat ini kita terus menganalisis kenapa hand sanitizer, masker dan alukohol langka di Medan. Hingga saat ini belum ditemukan penimbunan baik dari produsen, distributor, pengecer atau tindakan ekspor,” tuturnya, Kamis (26/3).

“Ini murni karena permintaan sangat tinggi, sudah sebulan lebih jika ekspor, tidak ada laporannya dari Belawan dan kita terus memantaunya,” ujarnya.

Jika ada kedapatan melakukan penimbunan produk penanganan Virus Corona atau menjual dengan harga tidak wajar akan langsung ditindak tegas.

“Kami terus mengecek ke pasar, distributor, pabrikan ataupun pedagang. Jangan sampai ada prilaku persaingan tidak sehat, pasti akan berurusan dengan KPPU,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN