Konser #dirumahaja Kumpulkan Donasi Rp9 Miliar

foto: twitter
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Para musisi Indonesia membantu sesama dengan menggelar gerakan Konser #dirumahaja. Acara tersebut digelar sejak Rabu (25/3) sampai Sabtu (28/3) lalu. Selain musisi, sejumlah tokoh pun ikut partisipasi.

Musisi ternama yang terlibat antara lain Andmesh, Anji, Armand Maulana, Fourtwnty, Hivi, Judika, Ridho Hafiedz & Kaka, Eva Celia, Tulus, Rossa, Afgan, Vidi Aldiano, Gamaliel, Hindia, Ariel Noah, Yura Yunita, Kunto Aji, Barasuara, Raisa, Ardhito Pramono, Rendy Pandugo, Petra Sihombing, Ari Lasso, Iwan Fals, Trio Lestari, dan Didi Kempot.

Dua komika yang menghibur adalah Pandji Pragiwaksono dan Bintang Emon. Selain itu, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Menteri BUMN Erick Thohir, dan mantan Wapres RI Jusuf Kalla turut berpartisipasi. Najwa Shihab selaku Co Founder Narasi dan penggagas mengumpulkan donasi tersebut melalui Kitabisa.

“Ini adalah rangkaian Konser Musik #dirumahaja mulai tanggal 25-28 Maret 2020, suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana membantu penanganan Corona. Sejumlah musisi live perform dari rumah masing-masing secara bergantian, sembari mengajak penonton untuk ikut berdonasi,” kata Najwa.

Donasi mengalami peningkatan yang signifikan pada hari terakhir. Saat Tulus membuka konser, donasi sudah terkumpul Rp4,3 miliar. Didi Kempot menutup rangkaian konser tersebut dan dana yang mereka kumpulkan pada malam itu menjadi Rp9 miliar. Penggalangan dana masih dibuka sampai 14 April 2020.

iklan

Total dana yang terkumpul hingga Minggu (29/3) kemarin mencapai lebih dari Rp10 miliar dari total 79.879 donatur. Seluruh biaya produksi konser dan seluruh musisi yang terlibat sepenuhnya berkontribusi secara pro bono, sehingga 100 persen donasi yang terhimpun dapat disalurkan pada tenaga medis dan masyarakat kecil yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah.

“Ada 5 program (#BisaMakan, #BisaSteril, #Sembako14Hari, #RantangHati dan #Belajardirumah) yang mau kita lakukan, mudah-mudahan semuanya bermanfaat. Donasi yang masuk ini, 9 miliar rupiah ini, mudah-mudahan bisa berlipat ganda. Mari terus berdonasi kawan-kawan, banyak sekali yang perlu kita kerjakan barengan,” kata Najwa.

Gerakan sosial #dirumahaja digagas oleh Narasi. Melalui gerakan sosial ini, Narasi berharap setiap orang bisa memiliki kesadaran diri, turut memperlambat penyebaran virus, menerapkan social distancing, physical distancing, dan bekerja dari rumah untuk menekan peningkatan infeksi baru dan membuat kurva penyebaran virus Corona kian melandai.

“Waktunya saling menguatkan sambil saling menghibur. Karena hari-hari ini, soliter adalah solidaritas,” ucap Najwa.(wol/aa/viva/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan