Keren! SMK BBC dan SMKN 10 Nge-klik Dengan STIK-P

WOL Photo/Ari

MEDAN, Waspada.co.id – SMKN Negeri 10 Medan menjadi salah satu sekolah beruntung yang disinggahi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan dalam rangka roadshow. Acara yang digelar di sekolah tersebut, Jalan Cik Ditiro, Senin (2/3) kemarin.

Acara pun berlangsung semarak. STIK-P menghadirkan pemateri roadshow antara lain Austin Tumengkol SSos MIKom yang juga Pembantu Ketua (Puket) I dan dosen jurnalistik, Suprapti Indah Putri SP MIKom (Puket II/dosen Broadcasting), dan Louis Freedyana (mahasiswa PR). Sekar Nasly Bani Putri dan M Rizhans selaku alumni juga menjadi pembicara.

Secara bergantian, para pemateri memberi penjelasan tentang kelebihan dan keunggulan STIK-P maupun ketiga jurusan yang dimiliki, yakni Public Relations (PR), Jurnalistik, dan Broadcasting. Terlihat para siswa pun antusias mengikuti kegiatan ini dan mendapat pengetahuan tentang ilmu komunikasi yang relevan dengan multimedia yang mereka pelajari sehari-hari.

“Ilmu komunikasi cukup berkembang saat ini. Makanya tidak ada salahnya jika setelah lulus sekolah nanti, kalian bisa perdalam di STIK-P. Kalian bisa makin berkembang dan meningkatkan kualitas diri di STIK-P karena kampus yang juga bagian Waspada Group ini membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi mahasiswa belajar dan meraih masa depan yang lebih baik sesuai bakat minatnya,” kata Suprapti.

Sementara itu, Louis mengatakan komunikasi menjadi bagian penting dalam hidup. Dalam aktivitas apapun, manusia selalu berkomunikasi termasuk saat tidur. Selain itu, lulusan komunikasi bisa masuk segala bidang pekerjaan. Sebaliknya, lulusan lain belum tentu bisa menguasai ilmu komunikasi.

Advertisement

Louis menambahkan bahwa nama besar kampus juga tidak begitu berpengaruh dan penting lagi di era digital sekarang. Terbukti, begitu banyak lulusan STIK-P mampu bersaing dengan para lulusan dari USU, UMSU, UI, Unpad, dan lainnya.

“Saya sendiri lulus D-3 dari Unpad dan kemudian lanjut S1 di STIK-P. Kuliah di kampus besar pasti kalian akan sulit terpantau, tapi akan begitu mudah dan cepat terlihat kemampuan mahasiswa di STIK-P,” ujar Louis.

Di SMK Broadcasting Bina Creative (BBC) Medan di Jalan Bhayangkara, siswa jurusan Penyiaran Program Pertelevisian juga memperlihatkan minat dan atensi kepada paparan yang disampaikan pemateri. Selain Austin, Putri, dan Louis, STIK-P juga menghadirkan Eko Kurniawan SIKom (alumni/jurnalis Waspada Online) sebagai speaker.

Eko menyampaikan bahwa dirinya bisa dibilang belum apa-apa sebelum mengenyam pendidikan di STIK-P. Karena itu, berbagai pengalaman dan kesempatan didapatnya begitu kuliah dan tamat dari kampus orange tersebut.

“Kuliah di STIK-P membuat saya dan sesama alumni lain lancar berkomunikasi, banyak kesempatan mengembangkan kualitas diri serta diskusi dengan senior-senior maupun orang-orang terkenal dan hebat di bidangnya masing-masing. Belum tamat saja sudah banyak yang direkrut bekerja, apalagi begitu tamat,” cerita Eko, lulusan tahun 2017 tersebut.

“Ayo adik-adik, manfaatkan kesempatan ini serta kembangkan pengetahuan dan skill broadcasting kalian di STIK-P. Dengan dosen praktisi, kami jamin kalian bakal lebih hebat dari sekarang,” seru Eko lagi.(wol/ari/ryan/data3)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL